image-header
Insight ID 16 December 2021

Mengenal Audiens Lebih Baik dengan Data Management Platform

Dalam mempromosikan suatu bisnis, mengenali dan memahami audiens menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Itu sebabnya dibutuhkan data besar yang berisi tentang perilaku audiens.

Data tersebut akan digunakan untuk menganalisis dan merumuskan strategi promosi yang lebih efektif.Untuk mempermudah proses ini, Data Management Platform (DMP) bisa menjadi solusi tepat untuk bisnis Anda.

Lantas apakah DMP itu dan bagaimana platform tersebut dapat membantu Anda mengembangkan bisnis di tengah persaingan yang ketat seperti sekarang ini?

 

apa itu data management platform

 

Pengertian Data Management Platform 

Data Management Platform (DMP) bisa didefinisikan sebagai teknologi yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengatur data dari berbagai sumber, umumnya digunakan untuk kepentingan pemasaran secara digital atau digital marketing.

Platform ini dapat membantu Anda untuk membuat segmentasi audiens yang menjadi dasar dari kampanye iklan atau promosi bisnis.

DMP memungkinkan Anda untuk menggunakan data audiens yang didapat untuk mengoptimalkan berbagai strategi pemasaran dan kampanye iklan digital. DMP akan mengumpulkan dan menganalisa data tentang kelompok audiens tersebut, termasuk perilaku, data geografis, dan profil lewat satu platform saja.

Nantinya, Anda akan mendapatkan gambaran yang terintegrasi tentang audiens dari semua sumber data, baik data dari pihak pertama maupun pihak ketiga.

DMP dapat menyimpan data yang telah dikumpulkan oleh bisnis Anda dari berbagai sumber seperti halaman web dan aplikasi serta data customer relationship management (CRM).

Data Management Platform akan menghimpun informasi lengkap yang terdiri dari;

  • Riwayat klik;
  • Riwayat Unduh;
  • Riwayat kunjungan website;
  • Minat (interest);
  • Riwayat pembelian;
  • Data demografis seperti usia dan pendapatan.

Anda juga dapat mengintegrasikan data pihak pertama dengan data pihak kedua dan ketiga. Data pihak kedua dikumpulkan sebagai hasil kerjasama dengan mitra bisnis Anda dan meliputi data kampanye online atau data perjalanan pelanggan (customer journey).

Sedangkan data pihak ketiga diperoleh dari penyedia data yang ada di seluruh dunia. Tahapan ini sangat penting agar bisa mengaktifkan data tersebut dan menggunakannya untuk menyasar audiens dengan tingkat akurasi yang tinggi di berbagai saluran pemasaran yang digunakan.

 

atur strategi bisnis dengan data management platform

 

Pentingnya Data Management Platform dalam Strategi dan Promosi Suatu Bisnis

Penggunaan DMP semakin penting, khususnya di dunia pemasaran. Pasalnya, menurut survei dari Infogroup, 62% pelaku usaha telah berinvestasi dalam solusi data pemasaran, sedangkan 26% di antaranya mulai berinvestasi dalam dua tahun ke depan.

Pelaku usaha telah menyadari manfaat strategi pemasaran berbasis data dalam mendorong interaksi yang lebih menarik dengan pelanggan secara real time. Sebagai hasilnya, pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan.

Namun, masih banyak pengusaha yang kesulitan memanfaatkan data dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam bisnis mereka.

Untungnya, ada DMP yang mampu mengolah dan menganalisa data tersebut untuk kepentingan pemasaran. Dengan mengumpulkan, mengatur, dan berbagi data, DMP dapat membantu Anda merancang kampanye iklan yang tepat sasaran.

Selain itu, DMP juga dapat memperluas jangkauan pelanggan yang memiliki karakteristik serupa sekaligus mendorong interaksi yang lebih personal di berbagai saluran.

Menggunakan platform ini dapat memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan merancang kampanye iklan yang efisien.

Data Management Platform yang digunakan dalam dunia marketing memungkinkan perusahaan untuk menyimpan dan memproses data sekaligus mengintegrasikannya.

Dibantu oleh analisa Big Data dan algoritma Artificial Intelligence (AI), semua jejak digital dapat terhubung untuk menciptakan data pelanggan secara menyeluruh.

DMP terus bekerja untuk mencocokan informasi tentang minat, kunjungan website dengan alamat email, dan data lainnya kemudian mengintegrasikan informasi tersebut.

Hasilnya, Anda akan mendapatkan data pelanggan yang menyeluruh untuk membantu dalam membuat strategi pemasaran yang lebih personal.

Data tersebut juga dapat membantu Anda dalam menyusun strategi iklan digital yang efektif dan efisien. Anda pun dapat menganalisa berbagai kampanye pemasaran yang dilakukan guna mendapatkan strategi yang lebih berfokus pada kepuasan pelanggan.

 

fungsi data management platform

 

Fungsi Utama Data Management Platform

DMP bisa membantu Anda dalam menciptakan strategi pemasaran dan kampanye iklan yang efektif dan efisien berdasarkan data. Di antara banyak fungsi dari platform data ini, berikut adalah fungsi utamanya:

  • Pengumpul data yang kuat; mampu mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber, baik offline maupun online.
  • Klasifikasi dan struktur data; mampu menyusun data berdasarkan atribut pengguna untuk segmentasi, engagement, penetapan value, dll.
  • Dapat terintegrasi dengan platform atau media berbayar.
  • Dapat terintegrasi dengan penyedia data kedua dan ketiga.
  • Analisa dan pelaporan audiens yang terpusat untuk membantu penyusunan kampanye iklan dan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Fungsi utama dari Data Management Platform di atas menjadi solusi untuk membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran sekaligus menyusun iklan digital yang efektif. DMP juga dapat mengubah Anda menjadi pelaku usaha cerdas dan efisien yang berbasis pada pemanfaatan data.

 

Cara Kerja Data Management Platform

Umumnya DMP bekerja sebagai pengumpul data dari berbagai sumber online maupun offline seperti website, aplikasi, kampanye marketing, media sosial, pusat panggilan, dan sumber data lainnya. Platform ini juga mampu mengumpulkan data dari sumber ketiga.

Setelah itu, data yang didapat kemudian dioptimalkan menjadi look alike audience atau audiens serupa. Audiens serupa tersebut digunakan untuk mengidentifikasi calon pelanggan yang berpotensi dan memiliki karakter serupa dengan pelanggan Anda. Dengan mengintegrasikan semua data dalam satu platform, DMP dapat menganalisa dan melacak kelompok pelanggan dan membuat audiens yang serupa seperti mereka. Anda pun dapat memiliki prospek yang berpotensi untuk diubah menjadi pelanggan yang menguntungkan bisnis.

Di akhir proses, DMP mengumpulkan data respons dan mengulangi proses tersebut dengan data baru yang dikumpulkan. Proses ini akan terus berlangsung dan berkembang guna menyempurnakan kampanye pemasaran secara real time sekaligus menemukan audiens baru.

 

menggunakan DMP

 

Menggunakan DMP dalam Iklan Digital

Teknologi Data Management Platform berperan penting dalam industri pemasaran digital (digital marketing) untuk mengelola data yang dimiliki.

Selain itu, platform ini juga dapat mendorong efektivitas kampanye pemasaran dengan memanfaatkan data pelanggan yang dimiliki. Melalui platform data ini, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan data dari berbagai sumber baik online maupun offline.
  2. Mengintegrasi data dengan menggunakan algoritma Machine Learning untuk mendapatkan data pelanggan secara keseluruhan, baik data dari pihak pertama, kedua, maupun ketiga.
  3. Mengatur data sehingga Anda dapat mengelompokan pelanggan berdasarkan merek, profil, hingga kebiasaan pasar tertentu. 
  4. Mengaktifkan data melalui mitra teknologi termasuk server iklan untuk memudahkan dalam menjalankan kampanye iklan dalam kategori iklan digital, video, media sosial, dan mesin pencarian.
  5. Menganalisis dan melaporkan data untuk mengoptimalkan kampanye online sekaligus meningkatkan customer engagement.

 

Terkait analisa dan pelaporan data, berikut ini area yang bisa disasar oleh Data Management Platform:

  1. Analisis sebelum kampanye dimulai yang meliputi demografi, aktivitas online, keefektifan kampanye online, dan profil konversi terbaik.
  2. Analisa selama kampanye berupa insight dan verifikasi mitra atau partner.
  3. Analisa setelah kampanye berupa kesimpulan dari semua aktivitas.

 

data management platform pada programmatic ads

 

Data Management Platform Pada Programmatic Advertising

DMP merupakan teknologi yang berperan penting dalam programmatic advertising. Sama seperti sebuah program, platform ini berbasis data. Data yang diperoleh melalui platform ini kemudian melisensikan segmen ke platform DSP (Demand Side Platform) untuk menjangkau kelompok yang dipilih dalam kampanye terprogram.

Karena DMP dapat mengolah data dari pihak ketiga, Anda bisa memanfaatkannya untuk menarik prospek baru dengan menciptakan profil yang serupa dengan pelanggan Anda sebelumnya.

Setelah itu, Anda dapat melisensikannya pada platform DSP untuk melancarkan kampanye efektif selanjutnya. Bila disimpulkan, Data Management Platform mampu membantu Anda dalam:

  • Mengumpulkan data;
  • Menciptakan kategori audiens atau pelanggan;
  • Mendorong audiens untuk melakukan pembelian;
  • Mengoptimalkan hasil pengumpulan data;
  • Mengumpulkan data respons.

Dalam dunia digital marketing, DMP pun memiliki peranan penting. Platform terpusat ini dapat mengelola dan mengaktifkan data klien guna meningkatkan penjualan dan menyiapkan kampanye yang lebih personal sehingga dapat diterapkan oleh berbagai perusahaan di semua level.

Proses yang berkelanjutan dalam Data Management Platform memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan efisiensi pemasaran. Contohnya melalui data prospek yang serupa dengan pelanggan Anda. DMP dapat membantu Anda menemukan prospek tersebut sehingga dapat mempengaruhi tingkat penjualan bisnis Anda.

DMP digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisa data tentang audiens dan kampanye iklan. Suatu DMP biasanya terkoneksi pada DSP atau SSP (Supply Side Platform) untuk membeli iklan melalui jaringan iklan yang tersedia.

Pada intinya, platform ini bermanfaat untuk mengelola data audiens, dari mulai segmentasi hingga penyusunan kampanye online berbayar.

 

implementasikan DMP pada programmatic ads

 

Implementasikan DMP dalam Bisnis Anda

Untuk meningkatkan performa bisnis Anda, menerapkan teknologi DMP bisa menjadi solusi yang menguntungkan. Pastikan Anda memilih platform terpercaya yang bisa membantu bisnis Anda mencapai tujuan pemasaran dan target iklan yang diinginkan.

Buat strategi pemasaran dan kampanye iklan yang lebih efektif bersama TADEX (Tanah Air Digital Exchange) yang diinisiasi oleh TelkomGroup bersama insan-insan media di Indonesia. TADEX menyediakan layanan programmatic ads dengan data audiens yang besar dan telah didukung oleh teknologi Data Management Platform sebagai pusat data.

Anda pun tidak akan kesulitan dalam mengumpulkan profil target pelanggan baik secara online maupun offline. Selain itu, Anda akan memperoleh data segmentasi yang efektif untuk menyusun iklan yang tepat di platform digital pilihan Anda.

Didukung teknologi Data Management Platform sebagai pusat data programmatic advertising, TADEX mengumpulkan profil target konsumen dari online, offline dan mobile lalu mengolahnya menjadi data segmentasi yang dapat dipilih untuk menargetkan iklan yang tepat. Pengolahan data melalui DMP meliputi:

  • Audience segmentation, yaitu mengelompokan data target pelanggan secara Basic, Medium, Advance, dan Profiling Targeting.
  • Data Taxonomy, yaitu menyusun dan mengelompokkan data target pelanggan dalam berbagai grup menurut tingkatan tertentu.
  • Data traffic hingga 10 juta per hari. 

Dengan menggunakan teknologi DMP dalam menyusun programmatic advertising, TADEX menawarkan solusi kampanye yang lebih personal dan berfokus pada minat pelanggan Anda.

Sebagai platform premium publisher programmatic ads di Indonesia, TADEX dapat membantu mencapai target bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi DMP untuk menargetkan iklan pada audiens yang lebih luas secara efektif dan efisien.

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk