image-header
Insight ID 15 June 2022

Tips Memilih Media Iklan Terbaik untuk Bisnis

Memasarkan sebuah produk atau layanan bisa menjadi sebuah tantangan bagi bisnis, pemilihan media iklan yang kurang tepat dapat mengakibatkan hasil iklan yang tidak efektif, sehingga memilih media iklan tidak boleh sembarangan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih media agar iklan berjalan efektif.

1. Tentukan Budget

Dalam memasarkan sebuah produk atau layanan, menentukan budget iklan termasuk yang paling pertama dipertimbangkan sebelum menyusun strategi marketing. Saat budget sudah ditentukan, Anda bisa dengan leluasa memilih media iklan yang sesuai dengan budget Anda. Jika Anda memiliki budget iklan yang besar, bisa memilih media iklan seperti TV atau media sosial yang bisa menjangkau pangsa pasar secara nasional. Jika Anda memiliki budget iklan yang cenderung terbatas, bisa memilih media iklan melalui SMS blast, koran atau yang sesuai dengan segmen pasar tertentu. 

2. Tentukan Segmen Pasar

Selanjutnya, Anda bisa menentukan target atau segmen untuk iklan Anda. Hal ini penting karena Anda tidak bisa menentukan media iklan apa yang akan dipakai tanpa mengetahui target atau segmen pasarnya. 

Sebagai contoh, Anda ingin mengiklankan produk yang memiliki target audiens lokal, maka Anda dapat melakukan setting digital marketing dengan target audiens di daerah tertentu, misalnya hanya daerah Jakarta raya saja atau kota lainnya. Jenis digital marketing seperti ini lebih tertarget dan cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan sebuah produk/layanan/acara yang memiliki urgensi tinggi seperti misalnya pembukaan butik baru di daerah A, atau pembukaan layanan baru khusus warga B.

Tips Memilih Media Iklan Terbaik Untuk Bisnis

3. Tentukan Materi Iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan materi iklan. Jika materi iklan Anda hanya sebatas text atau tulisan, maka Anda dapat memilih media cetak baik offline maupun online. 
Namun, jika materi iklan yang Anda miliki berbentuk video dan audio, Anda bisa beriklan melalui social media atau layanan streaming untuk mengenalkan pasar ke yang lebih luas. Sebaliknya, jika Anda memiliki materi iklan berupa audio, maka Anda bisa beriklan di radio baik lokal maupun nasional tergantung dari segmen pasar produk Anda. 

4. Tentukan Media Iklan

Ada banyak pilihan media iklan yang bisa Anda coba, diantaranya TADEX (Tanah Air Digital Exchange) yang merupakan aplikasi periklanan premium Indonesia yang dibentuk oleh anak perusahaan Telkom Group.

TADEX menyediakan berbagai macam ad format yang dapat dimanfaatkan oleh pengiklan untuk meningkatkan efektifitas iklan programmatic. Bersama TADEX, Publisher & Advertiser dapat meningkatkan revenue dan mengoptimalkan campaign seperti memberikan advertiser/pengiklan jangkauan yang luas untuk beriklan lewat media terpercaya yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Disisi lain, para publisher akan diberikan akses untuk melakukan otomasi, optimasi, hingga monitor performance secara mandiri lewat SSP Platform yang dimiliki Telkomsel DigiAds.
Jangan ragu untuk hubungi kami di sini. Dengan TADEX, Anda bisa mendapatkan audience yang sesuai dengan tujuan campaign Anda, hingga membantu Anda dalam memaksimalkan performa iklan. 

Itulah beberapa tips untuk menentukan media iklan terbaik untuk bisnis Anda. Jika Anda tertarik menggunakan media iklan berupa televisi atau internet, Anda perlu mengetahui mana media iklan yang lebih efektif diantara keduanya. Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Media Iklan Mana Yang Lebih Efektif, Televisi atau Internet. 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk