Strategi Retargeting Guna Meningkatkan Penjualan Bisnis
Dalam artikel sebelumnya yang berjudul Perbedaan Retargeting dan Remarketing dalam Digital Ads disebutkan jika Retargeting menjadi salah satu cara yang umum dilakukan guna membangun brand awareness dalam Digital Ads. Memang apa pentingnya brand awareness?
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat satu merek langsung terlintas di pikiran seseorang setiap kali mereka mendapat pertanyaan tentang kategori atau niche-nya? Misalnya mereka akan langsung menyebut brand A saat ditanya apa minuman favoritnya. Hal ini menjadi jawaban mengapa brand awareness penting dan menjadi salah satu tujuan utama dalam Digital Ads.
Brand awareness mampu meningkatkan kesadaran dan eksistensi masyarakat terhadap suatu brand produk atau jasa. Lewat brand awareness, maka suatu brand bisa meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat nama, logo, gambar hingga slogan pada brand tersebut. Membangun brand awareness bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan Retargeting.
Selain membangun brand awareness, Retargeting juga bisa menghemat pengeluaran Digital Ads. Hal ini karena Anda hanya perlu menayangkan iklan pada audiens yang sudah pernah mengunjungi website sehingga lebih potensial dalam melakukan transaksi.
Strategi Retargeting Guna Meningkatkan Penjualan Bisnis
Agar Retargeting yang Anda lakukan berhasil, Anda bisa memperhatikan apa saja strategi yang perlu dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan bisnis, diantaranya:
- Mengetahui siapa target market atau potensial konsumen Anda. Hal tersebut sangat berguna untuk menguraikan strategi Digital Ads yang akan dijalankan. Iklan yang ditampilkan pada calon konsumen juga sebaiknya sesuai dengan segmentasi mereka.
- Mengatur durasi Retargeting selama 30 hingga 90 hari juga bisa menjadi salah satu preferensi yang dapat dipilih. Ini karena butuh beberapa waktu agar strategi tersebut diterima oleh konsumen dan mampu memprospek mereka untuk membeli produk Anda. Setelah jangka waktu tersebut, dapat dilakukan penilaian seperti apa yang paling banyak menghasilkan konversi penjualan di website.
- Menggunakan CTA (Call to Action) yang menarik. Dalam sebuah strategi Digital Ads, CTA (Call to Action) memiliki peranan penting karena digunakan sebagai media dalam memperoleh feedback langsung dari konsumen atau pelanggan yang Anda tuju. Oleh karena itu, menambahkan CTA yang menarik pada iklan adalah hal yang wajib dilakukan. Diharapkan dengan menambahkan CTA pada iklan, maka semakin banyak calon pelanggan yang masuk ke tautan website dan pada akhirnya berlangganan produk yang ditawarkan.
- Tampilkan iklan sesuai segmentasi. Agar Retargeting yang Anda buat bekerja secara maksimal, tayangkanlah iklan sesuai dengan segmentasi audiens. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menganalisis setiap pelanggan mengenai apa saja produk yang mereka lihat, produk apa yang ditambahkan ke keranjang, atau produk yang telah dibeli sebelumnya. Dengan mengelompokkan audiens, Anda bisa menayangkan iklan retargeting yang paling sesuai bagi mereka.
- Berikan penawaran terbatas untuk mendorong penjualan. Ketika membuat iklan Retargeting, Anda bisa mendorong pembelian dengan memberikan penawaran terbatas. Misalnya, flash sale yang hanya berlangsung selama beberapa jam. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Strategi Digital Ads yang dilakukan dengan menyentuh sisi pelanggan ini biasanya cukup efektif untuk menciptakan pembelian.
Untuk melakukan Retargeting, Anda bisa menggunakan layanan Broadcast Messaging dari Telkomsel DigiAds. Dengan layanan Broadcast Messaging, Anda bisa mengirim pesan iklan berupa teks atau gambar secara massal kepada pelanggan. Keuntungan menggunakan produk Broadcast Messaging adalah Anda bisa menikmati kemudahan pembuatan iklan bisnis Anda dengan pengiriman yang cepat dan bisa langsung diterima pelanggan.
Selain Broadcast Messaging, Anda juga bisa menggunakan layanan Display Advertising. Anda bisa membaca informasi mengenai layanan Display Advertising melalui artikel berjudul Pentingnya Peran Display Advertising dalam Strategi Pemasaran atau Anda juga bisa hubungi kami untuk mendapat arahan seputar layanan-layanan dari Telkomsel DigiAds.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...