image-header
Insight ID 19 May 2023

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dalam artikel sebelumnya berjudul Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Lebih Baik disebutkan apa saja perbedaan antara omnichannel dan multichannel sebagai salah satu strategi pemasaran. Di artikel ini, Anda akan mengetahui lebih lengkap tentang omnichannel.

Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu saluran, saat online mereka beralih di antara feed media sosial, kotak masuk email, pesan SMS, dan saluran lain yang tak terhitung jumlahnya. Untuk memahami hal ini, bisnis Anda memerlukan strategi pemasaran terpadu untuk semua saluran yang digunakan pelanggan untuk berinteraksi dengan brand Anda.

Disinilah peran omnichannel. Pemasaran omnichannel adalah ketika bisnis mengintegrasikan berbagai saluran untuk menciptakan pengalaman pembelian yang memuaskan bagi pelanggan mereka. Omnichannel memastikan kualitas di mana pun, kapan pun, dan bagaimanapun pelanggan berinteraksi dengan merek Anda.

Strategi pemasaran omnichannel mengintegrasikan semua saluran yang berhubungan dengan pelanggan Anda, termasuk media sosial, e-commerce, chatbots, blog, email, SMS, dan situs web. Dengan pemasaran omnichannel, Anda bisa membuat pesan, promosi, dan kampanye digital terpadu di semua saluran secara bersamaan. 

Di mana pun dan kapan pun pelanggan berinteraksi dengan brand Anda, mereka akan mendapatkan pengalaman yang konsisten dan tanpa hambatan. Jika dilakukan dengan benar, omnichannel memastikan pelanggan menerima penawaran yang relevan dan bermanfaat berdasarkan minat dan riwayat mereka dengan perusahaan Anda.

Pemasaran omnichannel memberikan banyak peluang bagi brand untuk berinteraksi dengan pembeli di berbagai saluran dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Sebagai contoh:

  1. Seorang pelanggan mungkin menyelesaikan pesanan mereka secara online dan memilih untuk mengambilnya di toko.
  2. Pembeli mungkin membeli produk Anda di media sosial, tetapi kemudian memutuskan untuk melakukan pengembalian di situs web Anda.
  3. Seorang pelanggan mungkin keluar dari situs web Anda dan menerima pengingat tentang keranjang belanja mereka melalui email dan di Iklan Instagram, di mana mereka menyelesaikan pembelian mereka.


Anda dapat memaksimalkan strategi omnichannel dengan solusi dari Telkomsel DigiAds. Telkomsel DigiAds memiliki fitur targeting yang dapat membantu Anda memaksimalkan performa campaign. Anda bisa melakukan spesifik targeting ke pengguna yang Anda inginkan melalui layanan: 

  1. Targeted Messaging
    Layanan ini bisa Anda gunakan untuk menyampaikan iklan kepada audiens tertarget yang disesuaikan dengan sasaran Anda, mulai dari demografis, interest dan lain-lain.
  2. Off Deck Display Banner
    Off Deck Display Banner merupakan pop-up banner intersession di website HTTP saat pengguna browsing di jaringan Telkomsel di Jabodetabek. Layanan ini dapat memberikan brand awareness untuk pengenalan produk dan promo hingga menyampaikan komunikasi untuk audiens yang ditargetkan.
  3. TADEX
    TADEX menyediakan layanan programmatic ads dengan data audiens yang besar dan telah didukung oleh teknologi data management platform sebagai pusat data. Data Management Platform Telkomsel bisa custom audience sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta membantu Anda dalam melakukan audience targeting dimana iklan akan ditargetkan pada audiens yang lebih spesifik berdasarkan data telco dan data pelanggan Telkomsel.

Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Bagi Bisnis Anda untuk mengetahui manfaat strategi pemasaran Omnichannel bagi pelanggan dan bisnis Anda. 

Jadi apapun strategi pemasaran yang Anda pakai, DigiAds bisa bantu maksimalkan. Anda bisa mengunjungi website DigiAds di digiads.id atau hubungi kami dan tenaga profesional kami akan membantu Anda. 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk