image-header
Insight ID 07 June 2022

Pentingnya Data Management Platform dalam Sebuah Bisnis

Bagi sebuah bisnis, data adalah aset penting yang perlu dijaga. Data yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk membuat keputusan-keputusan yang diambil dalam bisnis. Untuk itu perusahaan perlu melakukan manajemen data. Manajemen data diperlukan untuk pengumpulan data yang sesuai dengan tujuan perusahaan, sehingga pengelolaannya bisa optimal. Apalagi penggunaan data tidak terikat dengan waktu dan bisa digunakan kapan saja selama perusahaan membutuhkannya. 

Namun, perusahaan akan dihadapkan pada beberapa tantangan dalam manajemen data seperti salah satu contohnya adalah banyaknya data yang perlu diatur. Data yang dimiliki perusahaan jumlahnya sangat banyak. Perusahaan perlu mengetahui secara jelas berapa data tersebut, jenis datanya seperti apa, apakah dalam bentuk teks, foto, dan lainnya. 

Selain banyaknya data yang perlu diatur, ada juga tantangan yang dihadapi perusahaan seperti tidak menentukan tujuan penggunaan data karena data yang masuk disimpan begitu saja, sampai membuat penuh sistem. Dari data yang didiamkan itu perusahaan tidak akan mendapatkan apa-apa. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, bisa memberikan banyak benefit untuk perusahaan.

Perusahaan juga perlu tahu tujuan pengumpulan data sejak awal, sehingga nantinya akan mudah mengatur data sesuai dengan yang diperlukan. Ketika ada data yang tidak diperlukan lagi, bisa dihapus dan ruangan kosong dalam sistem pun dapat dimanfaatkan untuk data yang memang benar-benar dibutuhkan. Dari beberapa tantangan tersebut, perusahaan membutuhkan teknologi penyimpanan yang dapat menyimpan data-data itu secara teratur, seperti Data Management Platform. 

Pentingnya_Data_Management_Platform_dalam_Sebuah_Bisnis_2

Data Management Platform (DMP) bisa didefinisikan sebagai teknologi yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengatur data dari berbagai sumber, umumnya digunakan untuk kepentingan pemasaran secara digital atau digital marketing. 

Platform ini dapat membantu Anda untuk membuat segmentasi audiens yang menjadi dasar dari kampanye iklan atau promosi bisnis. Data Management Platform memungkinkan Anda untuk menggunakan data audiens yang didapat untuk mengoptimalkan berbagai strategi pemasaran dan kampanye iklan digital. Melalui satu platform saja, DMP akan mengumpulkan dan menganalisa data tentang kelompok audiens tersebut, termasuk perilaku, data geografis, dan profil.

Data Management Platform bisa membantu Anda dalam menciptakan strategi pemasaran dan kampanye iklan yang efektif dan efisien berdasarkan data. Di antara banyak fungsi dari Data Management Platform ini, berikut adalah fungsi utamanya:

  1. Mampu mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber, baik offline maupun online.
  2. Mampu menyusun data berdasarkan atribut pengguna untuk segmentasi, engagement, penetapan value, dll.
  3. Dapat terintegrasi dengan platform atau media berbayar.
  4. Dapat terintegrasi dengan penyedia data kedua dan ketiga.
  5. Analisa dan pelaporan audiens yang terpusat untuk membantu penyusunan kampanye iklan dan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Fungsi utama dari Data Management Platform di atas menjadi solusi untuk membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran sekaligus menyusun iklan digital yang efektif dan menjadikan Data Management Platform penting bagi bisnis Anda. Anda bisa melihat artikel terkait berjudul Implementasi Data Management Platform dalam Iklan Digital untuk mengetahui bagaimana menerapkan Data Management Platform ke dalam strategi pemasaran Anda.

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk