image-header
Insight ID 19 May 2023

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Lebih Baik?

Menciptakan pengalaman belanja produk yang baik untuk pelanggan membutuhkan strategi pemasaran yang perlu melalui trial and error. Hal ini mengharuskan Anda para marketer untuk mencari cara kreatif dan menguji berbagai cara untuk mencapai tujuan yang bisnis. 

Ketika para digital marketer mengeksplorasi dan berinvestasi dalam strategi pemasaran baru, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, apakah harus melakukan pemasaran multichannel atau pemasaran omnichannel. Untuk memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis Anda, ketahui dulu apa perbedaan keduanya.

Pemasaran multichannel berfokus pada membawa pengguna dari titik A ke titik B dengan mengirimkan pesan yang sama melalui masing-masing saluran. Misalnya, Anda mengiklankan kode promo tertentu melalui SMS marketing, artikel website, dan buletin email dengan tujuan membuat orang menggunakan kode tersebut untuk membeli atau terlibat dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Sementara pemasaran omnichannel berfokus untuk membuat pengguna terlibat dengan menyediakan berbagai jenis konten melalui saluran yang terintegrasi. Omnichannel adalah tahap lanjutan dari pemasaran multichannel. Omnichannel menggabungkan saluran komunikasi yang paling relevan dalam satu waktu dengan pelanggan. Alih-alih bekerja secara paralel, saluran komunikasi dan sumber daya pendukungnya dirancang untuk bekerja sama.

Pemasaran multichannel dan omnichannel sama-sama memiliki kelebihan. Jika Anda melakukan pemasaran untuk menjual produk atau layanan dengan harga atau penawaran yang tidak akan banyak berbeda dalam hal penawaran, maka pemasaran multichannel adalah cara terbaik untuk menciptakan narasi yang konsisten di seluruh saluran Anda. Ini karena seseorang mungkin pertama kali melihat konten Anda di website, namun tetap tertarik dengan pesan yang sama ketika mereka menerimanya melalui SMS marketing yang Anda kirim. 

Manfaat lain dari pemasaran multichannel adalah memberikan Anda kemampuan untuk membandingkan hasil di seluruh platform dan memfokuskan upaya Anda pada saluran di mana audiens Anda paling terlibat. Jika konten berkinerja baik di SMS namun tidak begitu baik di website, maka Anda bisa menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik melalui SMS. 

Sementara pemasaran omnichannel adalah pendekatan yang lebih personal. Di dunia digital yang dipenuhi dengan konten dan pesan pemasaran yang saling bersaing, tampil menonjol biasanya menjadi tantangan terbesar, dan disinilah pemasaran omnichannel dapat membuat perbedaan besar. Dengan menempatkan target audiens, pemasaran omnichannel memungkinkan Anda menawarkan berbagai jenis konten, penawaran, dan opsi bagi pengguna untuk terlibat dan melakukan konversi. 

Meskipun biasanya Anda perlu mengerahkan upaya tambahan dengan membuat pesan yang dipersonalisasi, berkreasi di seluruh aset visual, audio, dan video, serta berinvestasi di berbagai saluran iklan berbayar, namun hal ini bisa menempatkan target audiens Anda sebagai pusat dari strategi pemasaran Anda. Hal ini pun dapat meningkatkan peluang keberhasilan. Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelanggan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran omnichannel memberikan banyak peluang bagi brand untuk berinteraksi dengan pembeli di berbagai saluran dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Untuk menjalankan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda, Anda bisa mulai dengan menggunakan layanan Targeted Messaging, offdeck banner dan TADEX dari Telkomsel DigiAds yang bisa melakukan spesifik targeting ke pengguna yang Anda inginkan serta dapat menyertakan link yang bisa diklik pengguna dan mengakses channel lainnya. Ketahui lebih lengkap tentang layanan ini dengan hubungi kami

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk