Messaging Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran B2B dan B2C
Dalam artikel berjudul Mengenal Inbound vs Outbound Marketing dalam Strategi Pemasaran dan Contoh Penerapan Inbound vs Outbound Marketing untuk B2B dan B2C telah disebutkan mengenai layanan mobile messaging yang bisa digunakan sebagai strategi pemasaran baik inbound marketing dan outbound marketing.
Namun apa sebenarnya alasan mobile messaging bisa menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran untuk B2B dan B2C? Berikut penjelasannya.
Mobile messaging adalah strategi pemasaran yang menggunakan pesan teks untuk mengirimkan promosi atau iklan ke target yang telah ditentukan. Mobile messaging saat ini pun telah berkembang dengan lebih baik dan bisa digunakan bersama dengan metode pemasaran digital lainnya.
Mobile messaging dapat digunakan untuk mengirim pembaruan produk, kupon, atau penawaran khusus. Strategi pemasaran ini bisa menjadi strategi yang sangat efektif, tergantung bagaimana bisnis menggunakannya.
Berikut adalah beberapa kelebihan dari mobile messaging yang bisa didapatkan baik untuk B2B maupun B2C.
- Mobile messaging dapat menjangkau dan melibatkan audiens target
- Membantu meningkatkan jangkauan, penjualan, dan loyalitas pelanggan.
- Mobile messaging memungkinkan bisnis membuat penawaran, diskon khusus, atau reward untuk pelanggan tertentu.
- Mobile messaging memungkinkan bisnis dan merek untuk mengirim komunikasi kepada pelanggan mereka dengan cepat dan efektif secara real time.
Bagaimana Cara Membuat Mobile Messaging yang Efektif?
Saat membuat kampanye mobile messaging, penting untuk menyertakan setiap komponen yang terkait dengan pesan yang dipromosikan bisnis atau merek Anda. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut saat Anda mengembangkan strategi pemasaran mobile messaging Anda.
- Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya, untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, atau memperoleh minimal 50 pelanggan baru.
- Buat pesan yang ingin Anda kirim untuk membawa Anda ke tujuan Anda. Anda dapat membuat penawaran khusus atau diskon. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan bagaimana pesan Anda akan memengaruhi pelanggan Anda, solusi apa yang Anda tawarkan, atau cara lain agar pesan Anda memengaruhi pelanggan Anda.
- Setelah membuat pesan promosi, kampanye mobile messaging Anda harus memiliki ajakan bertindak yang jelas yang memotivasi pelanggan Anda untuk membeli dari Anda. Misalnya, Anda dapat membuat ajakan bertindak untuk mengklaim diskon dalam batas waktu tertentu.
- Anda dapat menetapkan key performance indicator (KPI) yang akan Anda gunakan untuk mengevaluasi seberapa efektif pendekatan pemasaran mobile messaging Anda.
- Pilih platform yang terpercaya dan berpengalaman. Agar strategi pemasaran menggunakan mobile messaging dapat efektif, Anda perlu memilih platform penyedia jasa mobile messaging yang terpercaya dan berpengalaman. Salah satunya adalah layanan mobile messaging dari Telkomsel DigiAds.
Layanan mobile messaging Telkomsel DigiAds memiliki beberapa pilihan, diantaranya:
- Broadcast Mobile Messaging
Layanan ini bisa Anda gunakan untuk memberikan promo dan/atau komunikasi khusus secara tepat waktu kepada membership brand atau produk. - Targeted Mobile Messaging
Layanan ini bisa Anda gunakan untuk menyampaikan iklan kepada audiens yang disesuaikan dengan sasaran Anda, muali dari demografis, interest dan lain-lain - Location Based Mobile Messaging
Layanan ini bisa Anda gunakan untuk menarik konsumen ke aktivitas pemasaran di tempat yang Anda pilih. Anda juga bisa mengirim voucher seluler dan penukaran voucher ke lokasi tertentu. - Interactive Mobile Messaging
Layanan ini bisa Anda gunakan untuk melakukan survei singkat (pertanyaan Ya/Tidak) serta untuk meningkatkan awareness. - IVR Mobile Messaging
Layanan ini bisa Anda gunakan untuk melakukan interaksi panggilan singkat atau interaksi panggilan survei.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan mobile messaging dari Telkomsel DigiAds, Anda tidak perlu ragu untuk hubungi kami, dan tenaga profesional kami akan membantu Anda untuk menemukan apa strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis Anda.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...