image-header
Insight ID 02 January 2023

Mengenal Riset Pasar Sebagai Salah Satu Langkah Penting dalam Strategi Pemasaran

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis, Anda pasti ingin produk maupun jasa yang Anda jual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, bukan? Maka dari itu penting untuk melakukan riset pasar sebab berkaitan dengan strategi pemasaran produk. 

Riset pasar adalah serangkaian proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan informasi terkait target pasar, konsumen, pesaing maupun industri secara keseluruhan. Riset pasar dilakukan agar perusahaan mendapatkan informasi yang tepat sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi yang menunjang tujuan bisnis. 

Misalnya untuk kebutuhan merancang produk yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, membuat pesan pemasaran yang menarik dan meningkatkan konversi. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak konsumen kamu dan apakah produk atau layanan bisnis kamu benar-benar dibutuhkan oleh mereka.

Tujuan Riset Pasar

Secara umum, riset pasar adalah proses menganalisis kelayakan pemasaran suatu produk atau layanan baru. Kegiatan riset ini dilakukan dengan cara sistematis, mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, hingga menjadi laporan hasil analisis pemasaran. Berikut adalah merupakan tujuan riset pasar guna memahami kondisi pemasaran pada produk atau layanan terkait serta melihat peluang di lapangan. 

  1. Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik
    Salah satu tujuan riset pasar adalah membantu memahami calon pelanggan dengan lebih baik. Pasalnya, riset pasar yang dilakukan bisa menjadi cara yang efektif dalam membangun komunikasi dengan calon pelanggan. Anda bisa mengetahui produk seperti apa yang diharapkan oleh target pasar, berapa harga jual yang mampu dikeluarkan, bagaimana cara pembeliannya, dan lain-lain.
  2. Mendapatkan Lebih Banyak Informasi untuk Keputusan Usaha
    Riset pasar dapat membantu dalam mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan usaha. Hasil riset pasar bisa diimplementasikan dalam menjalankan bisnis.
  3. Mengidentifikasi Potensi Ancaman dan Peluang
    Riset pasar dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang usaha. Sebab, riset pasar memberikan sebuah data yang akurat mengenai keinginan dan harapan pelanggan dari sebuat produk atau layanan. Dari data tersebut, Anda dapat mengetahui adanya peluang yang mungkin menguntungkan untuk usahamu. Selain itu, riset pasar juga dapat digunakan untuk menganalisis seperti apa pesaing atau kompetitor. Anda dapat memanfaatkan hasil riset tersebut untuk mengetahui apakah ada potensi ancaman yang bisa merugikan bisnis sehingga bisa membuat langkah preventif. 
  4. Meminimalisir Risiko Usaha
    Riset pasar bisa membantu dalam meminimalisir risiko bisnis. Hal ini karena sebelum produk atau layanan diluncurkan ke pasar, Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan atau mungkin kekurangan dari pendapat para calon pelanggan. Dengan demikian, riset pasar bisa membantu Anda menciptakan produk atau menghadirkan layanan yang benar-benar dibutuhkan dan diharapkan dari target pasar. Risiko kerugian usaha pun bisa ditekan seminimal mungkin.
  5. Membantu Melihat Tren Pasar
    Riset pasar dapat membantu dalam melihat tren terkini di pasar. Anda dapat mengetahui produk atau jasa apa yang sedang banyak diminati oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan tren baru melalui riset pasar sesuai dengan harapan pelanggan.

Setelah mengetahui riset pasar, Anda dapat dengan mudah merumuskan strategi marketing apa yang sesuai dengan hasil riset pasar tersebut dan terhubung dengan lebih banyak konsumen. Sebelum melakukannya, Anda bisa mengumpulkan market insight dengan layanan roli Survey. 

Dengan layanan roli Survey, Anda bisa mendapatkan banyak wawasan tentang pasar dan menciptakan awareness untuk bisnis, merek, atau produk Anda melalui survei mini di Aplikasi roli. Anda dapat membuat lebih dari satu jenis pertanyaan untuk membuatnya lebih menarik. Yang menarik, Anda bisa berikan poin roli ekstra untuk audiens yang menyelesaikan survei. Dengan hasil yang didapat dari roli Survey, Anda bisa merumuskan strategi marketing apa yang sesuai dengan hasil survey tersebut.

Setelah mengenal apa itu riset pasar, Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Jenis Riset Pasar yang Sesuai dengan Bisnismu untuk mengetahui apa jenis riset pasar yang cocok untuk bisnis Anda. Atau Anda juga bisa hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel DigiAds yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk