image-header
Insight ID 19 July 2022

Mengenal Lebih Dekat Pengguna Perbankan Digital di Indonesia

Berkembangnya teknologi, pasar, konsumen dan ekosistem bisnis telah mengubah sistem industri perbankan. Perbankan pun memasuki era digital banking system yang office-less dan mulai mentransformasikan layanan perbankan secara umum ke bentuk digital.

Berdasarkan data Finder, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di industri perbankan digital. Di tahun 2021, 25% atau sekitar 47 juta orang dewasa di Indonesia memiliki akun bank digital dan jumlahnya diperkirakan meningkat menjadi 39% atau sekitar 75 juta di tahun 2026.
banner

Besarnya potensi industri bank digital di masa depan, harus disadari oleh industri perbankan untuk secepatnya bertransformasi memberikan pelayanan, akses, dan produk yang solutif dengan memaksimalkan digitalisasi.

Sebagai salah satu sektor esensial dalam mendukung perekonomian, industri perbankan juga didorong untuk terus berinovasi dan memberikan fleksibilitas layanan yang mempermudah nasabahnya.

Tak hanya menguntungkan pelanggan, kehadiran digital banking juga membantu bank untuk menganalisis data, memvisualisasikan, dan menerjemahkannya menjadi informasi   yang ditindaklanjuti untuk menghasilkan berbagai keputusan strategis, menghasilkan produk, meningkatkan pelayanan hingga penjualan.

Memahami keinginan konsumen menjadi sangat penting bagi bank digital untuk menjawab kebutuhan dan memberikan solusi produk dan layanan yang tepat.

Tren pengguna bank digital di Indonesia

Telkomsel DigiAds merangkum beberapa insight yang dapat dijadikan perspektif untuk memahami kebutuhan dan ketertarikan konsumen bank digital. 

● Fitur tabungan berdasarkan kategori jadi fitur terfavorit

banner
 
49% pengguna perbankan digital memilih fitur tabungan berdasarkan kategori sebagai fitur yang paling diminati. Pastikan layanan perbankan digital Anda menawarkan keuntungan yang tinggi, slot yang banyak, dan kehadiran    fitur kategorisasi pada bank digital yang menarik pengguna untuk memilih kategori sesuai kebutuhan finansial mereka.

● Alasan menggunakan perbankan digital

banner
Sebanyak 22.40% pengguna memilih bank digital dengan alasan kemudahan dan kecepatan registrasi   tanpa harus datang ke bank dan 15.90% pengguna sangat terbantu dengan layanan digital secara penuh. Kedua alasan ini membuktikan bahwa fleksibilitas yang dihadirkan oleh perbankan digital menjadi magnet yang kuat bagi para pengguna.

● Kekuatan promo menjadi daya tarik bank digital


 banner
Untuk menarik dan mempertahankan kesetiaan pengguna, bank digital seringkali memberikan rewards atau promo tertentu untuk setiap transaksi yang dilakukan. Mulai dari promo diskon, cashback, hingga poin yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja. 

DigiAds menemukan tambahan bonus saldo akun/e-wallet dan internet/paket data sebagai promo yang paling diminati dan menjangkau audiens lebih cepat.

● Aktivitas keuangan yang paling banyak dilakukan melalui bank digital  

Pengguna paling sering memanfaatkan perbankan digital untuk mentransfer uang, top-up e-money, dan transaksi e-commerce. Hal tersebut tidak terlepas dari perubahan gaya hidup berbelanja masyarakat yang semakin akrab dengan platform e-commerce dan situs online shop.

Tantangan industri perbankan digital

39,3% responden yang menggunakan perbankan digital seringkali menghadapi permasalahan customer service, aplikasi yang error, dan notifikasi transaksi yang seringkali tidak muncul.   Hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan layanan digital mereka.

Di sisi lain, sebagian besar audiens masih ragu untuk menggunakan perbankan digital karena kurangnya pengetahuan dalam bertransaksi secara digital, tidak fasih menggunakan teknologi, dan masih merasa nyaman bertransaksi di bank konvensional. Hal ini disebabkan oleh rendahnya literasi keuangan digital, hingga infrastruktur teknologi informasi yang belum merata di Indonesia.

Terlebih dengan adanya ancaman kejahatan siber sehingga perusahaan bank digital harus melengkapi diri dengan perlindungan data pribadi, risiko kebocoran data, dan risiko serangan siber.

Strategi bersaing dan menjadi yang terbaik di era bank digital

● Bawa pesan komunikasi yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tantangan bank digital adalah karena banyaknya orang yang masih setia menggunakan bank konvensional. Membawa pesan komunikasi yang tepat dengan menawarkan kemudahan, kelancaran, keamanan, dan fleksibilitas bank digital akan membuka perspektif baru bagi para calon pelanggan.

● Melihat besarnya potensi dan lakukan akuisisi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tingkat penetrasi perbankan digital di Indonesia baru mencapai 39,2%, namun ruang bagi peningkatan digital banking masih cukup besar. Terlebih, potensi perkembangan ekonomi dan perilaku masyarakat semakin terdigitalisasi. 

Perusahaan harus berani untuk membuka penetrasi ke wilayah yang belum terjangkau bank digital. Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Dudi Dermawan Saputra mencatat kenaikan jumlah konsumen digital hingga 21 juta selama pandemi. Menariknya, 72 persen dari konsumen baru ini berasal dari luar kota-kota besar.

Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk menjangkau daerah-daerah non-urban, terlebih lagi Indonesia memiliki cakupan wilayah geografis yang luas dengan karakter konsumen yang beragam.

● Memaksimalkan minat audiens

Melihat beberapa fitur yang paling diminati pelanggan, perbankan digital dapat memaksimalkan akuisisi dan retensi pelanggan dengan penawaran internet/paket data dan saldo rekening/e-wallet.

Ragam solusi DigiAds hadir untuk bantu memahami kebutuhan pelanggan

Meski transaksi perbankan digital menawarkan kemudahan, namun tidak semua pelanggan membutuhkan solusi yang sama. Guna menemukan solusi terbaik bagi para pelanggan, penting untuk memahami kebutuhan pelanggan melalui pendekatan yang tepat.

Hadir membantu memahami secara mendalam target konsumen bisnis Anda, DigiAds mengemas insight data pelanggan bank digital di Indonesia dengan dukungan akses ke lebih dari 1,6 juta data pelanggan Telkomsel.

Kombinasi antara insight dan teknologi seluler memungkinkan bisnis Anda dalam menjangkau konsumen potensial secara spesifik, tepat sasaran untuk dikomunikasikan dan selanjutnya dieksekusi.

Dengan begitu, Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan lebih cepat dan tepat, meningkatkan mutu produk/pelayanan, dan membangun kepercayaan pelanggan pada brand Anda.

Mari masuk ke dalam ekosistem perbankan digital untuk #BukaSemuaPeluang bersama solusi DigiAds. Mulai langkah transformasi digital bisnis Anda di digiads.id atau hubungi kami melalui email digitalads@telkomsel.co.id untuk kolaborasi lebih lanjut. Follow juga Instagram @telkomsel.digiads dan LinkedIn Telkomsel DigiAds untuk mendapatkan berbagai