image-header
Insight ID 09 August 2022

Melihat Tren Transportasi Online untuk Menjawab Kebutuhan Mobilitas Masa Depan

Melihat Tren Transportasi Online untuk Menjawab Kebutuhan Mobilitas Masa Depan
Disrupsi teknologi membawa perubahan di banyak aspek kehidupan masyarakat, tidak terkecuali mobilitas dan sistem transportasi. Dengan dukungan teknologi digital, masyarakat dapat memanfaatkan kehadiran layanan transportasi online yang mempermudah dan mempercepat berbagai aktivitas. Mulai dari memesan jasa transportasi orang, barang, makanan, hingga membeli berbagai kebutuhan kesehatan dan rumah tangga untuk diantar ke lokasi yang diinginkan.

Telkomsel DigiAds mencatat puncak pengguna aktif layanan transportasi online terjadi pada Desember 2021, sedangkan di Januari-Februari 2022 kembali mengalami penurunan pengguna. Naik turunnya pertumbuhan pengguna aktif ini disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang tidak menentu setiap harinya. Meskipun begitu, transportasi online masih dilihat sebagai primadona dalam mendukung mobilitas publik saat ini.

Pertumbuhan industri layanan transportasi online di Indonesia terlihat lebih dinamis dengan kehadiran 2 super-app layanan transportasi online dan beberapa kemunculan pendatang baru yang terus mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Tren pengguna layanan transportasi online di Indonesia
Telkomsel DigiAds melakukan survey pada May 2022 terhadap 29 ribu responden melalui aplikasi roli dan mendapati beberapa insight menarik yang dapat membantu industri transportasi online dalam membaca tren dan kebutuhan pasar terkini.

Survey tersebut menemukan 41% responden sudah menggunakan aplikasi transportasi online dan 59% diantaranya belum menjadi pengguna, namun berpotensi untuk menggunakannya di masa depan.

1. Masyarakat tidak bisa lepas dari aplikasi transportasi online

Sebanyak 44% pengguna secara rutin menggunakan aplikasi transportasi online untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. 46% pengguna memilih fitur transportasi online dan 20% pengguna memilih fitur pengiriman makanan sebagai layanan terfavorit.
banner

Melihat data tersebut, perusahaan layanan transportasi online harus mengeksplorasi lebih banyak potensi produk untuk meningkatkan inovasi dan menghadirkan aneka fitur untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

2. Aplikasi transportasi online semakin bervariasi semakin kompetitif

Survey menunjukkan Indonesia memiliki 2 super-app layanan transportasi online dengan pengguna terbanyak. Namun, kehadiran beberapa aplikasi pendatang baru membuat para pengguna mulai membandingkan layanan dari setiap aplikasi.

banner

Di tengah ancaman virus covid-19 yang belum usai, para pengguna mengharapkan keselamatan & keamanan lebih dengan penerapan protokol kesehatan dalam berkendara serta kemudahan mengakses transportasi online dimanapun dan kapanpun. 

3. Pengguna membutuhkan solusi cepat untuk mengatasi masalah yang ditemui

Dari semua audiens yang belum menggunakan aplikasi transportasi online, terdapat 40% yang tidak mengerti cara menggunakan, sedangkan 35% lainnya merasa lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi.

banner

Di sisi lain, dalam menggunakan aplikasi transportasi online para pengguna juga masih menjumpai berbagai masalah. Pelanggan seringkali mengalami buruknya layanan dan sistem aplikasi yang error. 

Perusahaan pemilik layanan transportasi online harus lebih responsif terhadap berbagai isu yang dirasakan para pengguna agar bisa melakukan evaluasi dan melakukan pendekatan yang tepat kepada pengguna maupun calon pengguna dengan membawa solusi pasti.

4. Promo yang paling cepat memenangkan hati audiens

Siapa yang tidak suka dengan promo? Begitu juga dengan pengguna aplikasi transportasi online. Promo yang bertebaran mengundang pengguna untuk terus menggunakan fitur/layanan, mendatangkan pengguna baru, mempertahankan loyalitas, hingga dapat meningkatkan reputasi brand.

banner

Lebih dari 43% responden juga menginginkan penawaran promo atau diskon. Mayoritas pengguna aplikasi transportasi online memilih diskon tarif transportasi baik mobil maupun motor. Aplikasi transportasi online bisa mulai memperbanyak promosi yang kompetitif di setiap produk/layanannya.

Terapkan strategi ini untuk menjadi yang terbaik di industri layanan transportasi online

1. Pahami kebutuhan dan ekspektasi audiens

Audiens senang dimanjakan dengan kehadiran promo dan pelayanan yang baik. Anda dapat menawarkan diskon transportasi online dan pengiriman makanan atau tambahan paket data untuk menarik pelanggan dalam menggunakan aplikasi Anda.

2. Tentukan target audiens dan bawa pesan yang tepat

Bedakan pesan pemasaran untuk audiens yang sudah menggunakan dan belum menggunakan aplikasi transportasi online, karena keduanya mempunyai kebutuhan dan permasalahan yang berbeda. Membawa pesan yang tepat di setiap materi promosi adalah kunci untuk memenangkan hati mereka.

3. Pilih media yang tepat dalam beriklan

Pilih platform yang tepat untuk memasang iklan dan mengirim pesan promosi untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap brand Anda. Kuncinya adalah temukan media yang berbeda sesuai target audiens dan maksimalkan penggunaannya.

Itulah rangkuman tren aplikasi transportasi online di Indonesia beserta strategi efektif dalam mendukung pertumbuhan industri transportasi online di masa depan.

Selain memahami insight di atas, perusahaan aplikasi transportasi online juga bisa memaksimalkan strategi marketing digital melalui solusi periklanan terpercaya dari Telkomsel DigiAds.

Telkomsel DigiAds menghadirkan dua platform yang dapat mengembangkan bisnis Anda, yaitu Telkomsel MyAds dan TADEX. Telkomsel MyAds membantu Anda dalam membuat iklan secara DIY (do-it yourself) secara eksklusif, spesifik, dan terukur berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, jenis gawai, hingga dan Average Revenue Per User (ARPU).

Selanjutnya TADEX (Tanah Air Digital Exchange) yang merupakan solusi bagi para pelaku industri periklanan digital Indonesia dalam mendorong ekosistem digital yang inklusif dan mampu memberikan ruang dalam menjangkau target audiens lebih luas secara efektif dan efisien melalui programmatic ads.

Didukung oleh Data Management Platform (DMP) yang menjadi pusat data programmatic advertising, TADEX akan membantu Anda memperoleh profil target pelanggan yang diambil berdasarkan kebiasaan/behavior pengguna ketika melakukan browsing. Data tersebut kemudian dapat diolah menjadi data segmentasi untuk target iklan Anda.

Melalui kedua layanan Telkomsel DigiAds baik MyAds maupun TADEX, Anda dapat merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif dan efisien. Bisnis Anda pun akan semakin melesat dengan dukungan platform beriklan yang tepat, karena Anda dapat #LebihKenalLebihTepat dengan target audiens bersama Telkomsel DigiAds.

Percepat langkah transformasi digital bisnis Anda bersama solusi Telkomsel DigiAds yang bisa Anda temui di digiads.id. Follow juga Instagram @telkomsel.digiads dan LinkedIn Telkomsel DigiAds untuk mendapatkan berbagai insight menarik dan informasi ter-update seputar DigiAds.