image-header
Insight ID 15 June 2022

Media Iklan Mana yang Lebih Efektif, Televisi atau Internet?

Saat ini perusahaan dihadapkan pada banyak pilihan dalam beriklan, yang paling umum digunakan adalah melalui media iklan televisi dan internet. Berdasarkan data yang diolah Nielsen hingga akhir 2021 lalu, belanja iklan pada sektor jasa daring mencapai Rp42,8 triliun, naik 67 persen dari 2020 di posisi Rp25,6 triliun sementara jumlah belanja iklan televisi mencapai 78,2 persen dari total belanja iklan di 2021, atau setara Rp 202,5 triliun.

Kedua media iklan tersebut sama-sama masih mendominasi belanja nasional. Namun media iklan mana yang lebih efektif dalam memasarkan sebuah produk atau layanan? Sebelum membahasnya, Anda perlu ketahui dulu apa saja kelebihan dari media iklan televisi dan media iklan internet. 

Kelebihan Media Iklan Televisi

1. Kemampuan Menyajikan Materi Promosi dengan Baik

Melalui media iklan televisi, konsumen akan disajikan pengalaman yang berbeda melalui audio visual. Dengan kelebihan ini, perhatian pendengaran dan penglihatan konsumen akan tersita. Apalagi jika materi iklan yang Anda sajikan cukup baik dari segi visual dan audio maka konsumen akan mudah mengingat produk yang diiklankan melalui televisi.
Kemampuan Menjangkau Calon Konsumen Baru
Saat iklan diputar di televisi, konsumen akan diberikan beberapa pilihan iklan yang dimana dari pilihan iklan tersebut mungkin ada produk/layanan yang baru mereka ketahui, sehingga bisa saja calon konsumen tersebut menjadi tertarik setelah mengetahui informasi yang disajikan dalam iklan televisi.

Media Iklan Mana yang Lebih Efektif, Televisi atau Internet?
 

Kelebihan Media Iklan Internet

1. Biaya Lebih Realistis

Beriklan melalui media iklan di internet dari segi biaya terbilang lebih murah, karena Anda bisa beriklan dengan modal puluhan ribu saja. Tinggal menyesuaikan biaya per klik atau per view agar sesuai dengan anggaran. Melalui kelebihan iklan online tersebut maka semua pelaku bisnis bisa mengandalkannya, termasuk untuk bisnis skala kecil. 

2. Lebih Terukur

Kelebihan berikutnya dari media iklan melalui internet adalah data lebih terukur, akurat dan bisa memudahkan pebisnis mengambil langkah selanjutnya. Salah satu contoh data yang bisa dilihat adalah berapa jumlah view, jumlah klik link, jumlah exit, dsb. Semua strategi pemasaran online bisa dilacak yang membantu menentukan apakah iklan diteruskan atau dihentikan. 

Dari masing-masing kelebihan tersebut, baik beriklan melalui media iklan televisi maupun media iklan internet sama-sama memberikan keuntungan tersendiri. Efektifitas iklan akan bisa dilihat dan diukur jika iklan sudah berjalan dan sesuai dengan tujuan dari iklan tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencoba keduanya dan mencoba cara yang terbaik untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Anda juga bisa mengetahui jenis-jenis media iklan lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dengan membaca artikel terkait berjudul Macam-Macam Media Iklan Untuk Promosi.

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk