Keunggulan 5G dalam Strategi Digital Advertising
Jaringan seluler generasi yang kelima atau biasa disebut 5G mulai beroperasi di Indonesia pada 24 Mei 2021. Pengembangan teknologi jaringan ini merupakan wujud upaya transformasi digital Indonesia. Operator yang pertama kali mengoperasikan jaringan seluler 5G adalah operator Telkomsel.
Telkomsel berkomitmen secara konsisten melakukan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband terdepan 5G secara bertahap dan terukur di seluruh Indonesia. Sejak pertama kali menggelar jaringan dan layanan 5G pada 24 Mei 2021, hingga kini Hyper 5G Telkomsel telah hadir di sejumlah wilayah di 39 kota di seluruh Indonesia, dengan dukungan 248 BTS 5G.
Fokus pembangunan jaringan 5G yang dilakukan Telkomsel tertuju pada peningkatan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital serta mengakselerasikan peta jalan transformasi digital para pelaku lintas sektor industri melalui pemanfaatan teknologi 5G yang lebih komprehensif.
Telkomsel terus mengembangkan jaringan dan layanan 5G di seluruh Indonesia dengan terus membangun kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem pemanfaatan teknologi 5G, baik untuk segmen B2C maupun B2B agar bisa dimanfaatkan dalam berbagai sektor termasuk sektor pemasaran.
Lantas, bagaimana pengaruh 5G bagi sektor pemasaran terutama dalam digital advertising? Berikut adalah beberapa manfaat 5G dalam digital advertising:
- Dengan keberadaan 5G yang memungkinkan internet nirkabel yang lebih cepat dan lebih berlimpah ke seluruh pelosok negeri, maka berarti digital advertising akan semakin banyak muncul di lebih banyak area.
- Selain digital advertising yang berlimpah, konten digital advertising juga bisa menjadi lebih menarik dan lebih interaktif berkat kecepatan tinggi yang dimiliki jaringan 5G. Calon konsumen tak hanya sebatas melihat tayangan digital advertising. Untuk sejumlah produk yang diiklankan, misalnya, calon konsumen bisa terlebih dahulu mencoba atau melakukan simulasi secara virtual terkait produk yang ditawarkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya, misalnya audiens bisa mencoba warna lipstik apa yang sesuai dengan warna kulitnya.
- Dengan jaringan 5G, aktivitas penambangan dan pelaporan data terkait pelanggan dan calon pelanggan yang membutuhkan waktu berhari-hari atau berjam-jam dapat dilakukan dalam beberapa menit, bahkan beberapa detik saja. Dengan demikian, strategi digital advertising dapat cepat pula disusun dan dieksekusi.
Keunggulan 5G dalam Digital Advertising
Dalam artikel sebelumnya berjudul Peran 5G Dalam Mendukung Transformasi Digital Advertising di Indonesia, disebutkan bahwa teknologi 5G akan membuka potensi layanan digital advertising. Anda telah mengetahui jika 5G mengacu pada jaringan seluler generasi kelima dan 20 kali lebih cepat dari LTE (Long-Term Evolution). Kecepatannya bisa mencapai 20GB/detik. Lalu apa hubungannya dengan digital advertising? Berikut adalah beberapa keunggulan 5G saat digunakan dalam digital advertising.
Dengan kecepatan yang ditawarkan oleh 5G, maka situs web akan lebih cepat terbuka dan waktu tunggu lebih singkat untuk memuat seluruh halaman.
Waktu pemuatan situs web yang lebih cepat pasti memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan resolusi iklan akan lebih tinggi. Untuk itu, bagi Anda advertisers, perlu memberikan kualitas yang lebih tinggi lagi dalam materi iklan Anda.
5G menawarkan visibilitas iklan yang lebih baik. Di era teknologi programmatic advertising berkemampuan 5G, situs web akan memuat lebih cepat, dan visibilitas iklan meningkat. Menurut data HubSpot, alasan utama orang memasang pemblokir iklan adalah untuk mempercepat pemuatan halaman. Namun dengan kecepatan 5G, waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten halaman web akan berkurang, sehingga lebih sedikit orang yang memilih untuk menggunakan pemblokir iklan. Akibatnya, visibilitas iklan akan meningkat.
Itulah beberapa informasi terkait keunggulan 5G dalam strategi digital advertising. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan dalam digital advertising, bisa menggunakan layanan programmatic advertising dari TADEX. TADEX menghadirkan solusi periklanan yang dapat diandalkan, transparan dan pastinya semua saling untung di tiap kolaborasinya melalui programmatic advertising.
Programmatic advertising dari TADEX dapat menjadi jembatan antara publisher dan advertiser dan memungkinkan iklan muncul di kolom berita publisher yang bekerja sama dengan TADEX. Dengan beriklan menggunakan programmatic advertising Anda dapat menggunakan kolom space yang telah disediakan oleh publisher seperti banner iklan berupa image, video dan interactive banner.
Anda juga bisa membaca artikel terkait berjudul Bagaimana Teknologi 5G Bantu Percepat Industri Programmatic Advertising untuk mengetahui bagaimana cara kerja 5G dalam programmatic advertising.
Anda bisa join di TADEX dengan melakukan registrasi di www.tadex.id atau Anda juga bisa hubungi kami untuk informasi lebih lengkap.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...