Jenis Riset Pasar yang Sesuai dengan Bisnismu
Dalam artikel sebelumnya yang berjudul Mengenal Riset Pasar Sebagai Salah Satu Langkah Penting Dalam Strategi Pemasaran disebutkan jika riset pasar adalah salah satu langkah penting dalam strategi pemasaran produk. Riset pasar pun memiliki beberapa macam metode dalam manajemen pemasaran. Berikut adalah beberapa jenis metode penelitian yang populer dan bisa membantu Anda dalam meraih tujuan bisnis.
Metode Riset Kuesioner
Kuesioner adalah metode riset dengan memberikan daftar pertanyaan terkait data yang diperoleh dan diperlukan pada jenis bisnis yang Anda pilih. Sebelum melakukan riset dengan metode ini, Anda kamu harus mempersiapkan calon responden yang akan menjawab pertanyaan kuesioner.
FGD (Focus Group Discussion)
Focus Group Discussion atau FGD merupakan metode riset dengan cara membuat grup diskusi. Misalnya, Anda bisa membuat grup atau kelompok sebanyak 15 orang ataupun lebih. Grup tersebut berisikan 1 moderator, 3 peneliti, dan peserta responden. Moderator mempunyai tugas dalam mengarahkan jalannya diskusi, peneliti berperan merekam dan mencatat pengamatan mereka atas reaksi, respon, dan komentar pelanggan. Forum Group Discussion atau FGD dapat dijalankan dengan cara mengambil kelompok berbeda maupun kelompok yang mempunyai minat sama.
Survei
Metode dari riset pasar berikutnya yaitu survei. Dalam metode ini, maka kamu bisa mengajukan pertanyaan sederhana terkait jasa atau produk yang kamu teliti. Berbeda dari metode riset kuesioner, pemilihan responden dalam metode survei dilakukan secara acak atau berdasar kesukarelaan. Karena itu umumnya survei lebih singkat dibandingkan kuesioner. Survei juga mudah dilakukan dengan online dan memperoleh respon lebih cepat.
Wawancara
Metode riset pasar selanjutnya adalah wawancara. Wawancara memungkinkan untuk diskusi tatap muka (secara langsung dan virtual) sehingga memungkinkan terjadinya percakapan yang alami dan Anda bisa memperhatikan bahasa tubuh orang yang diwawancarai secara langsung. Berbeda dari FGD, dengan wawancara Anda bisa melakukan wawancara mendalam kepada 1 orang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Ketiga metode di atas, umumnya dilakukan untuk mendapatkan data yang bersifat general, misalnya tentang tren apa yang sedang atau akan diminati di masa depan, sehingga Anda bisa mempersiapkan arah bisnis Anda ke depan atau untuk mengetahui apakah produk Anda masih relevan di masa sekarang.
Jika Anda ingin melakukan riset pasar untuk mendapatkan data yang lebih spesifik, bisa menggunakan beberapa metode riset berikut ini.
Product/Service Use Research
Penelitian penggunaan produk atau layanan menawarkan wawasan tentang bagaimana dan mengapa audiens menggunakan suatu produk atau layanan, dan fitur spesifik di dalamnya. Jenis riset pasar ini juga memberikan gambaran tentang kegunaan produk atau layanan untuk target audiens Anda. Riset ini cocok untuk Anda yang akan mempromosikan produk/layanan terbaru.
Observation-Based Research
Riset pasar berbasis pengamatan memungkinkan Anda untuk mengamati cara target audiens menggunakan produk atau layanan milik Anda, apa yang bekerja dengan baik dalam hal UX, hambatan apa yang mereka hadapi, dan aspek mana yang bisa lebih mudah bagi mereka untuk digunakan dan diterapkan. Riset jenis ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan pembaruan dalam website/aplikasi, atau memutuskan untuk membuka cabang baru atau tidak.
Buyer Persona Research
Buyer persona research memberi pandangan realistis tentang siapa yang menjadi target audiens, apa tantangan mereka, mengapa mereka menginginkan produk atau layananmu, apa yang mereka butuhkan dari brand-mu, dan banyak lagi. Riset jenis ini cocok untuk Anda yang ingin mengetahui apakah produk Anda masih bisa bersaing di antara produk yang sama lainnya.
Market Segmentation Research
Riset segmentasi pasar memungkinkan untuk mengkategorikan target audiens ke dalam kelompok (atau segmen) yang berbeda berdasarkan karakteristik spesifik dan menentukan cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan mereka, memahami harapan mereka, dan mempelajari apa tujuan mereka. Riset jenis ini cocok untuk sebuah bisnis yang memiliki banyak produk, sehingga perlu mendapatkan data dari riset pasar agar sesuai dengan masing-masing segmen.
Pricing Research
Riset harga memberikan gambaran tentang produk atau layanan serupa apa yang dijual di pasar yang sama, apa yang target audiens harapkan sehingga mau membayar untuk suatu produk atau jasa, dan berapa harga yang wajar bagi untuk menjual produk atau jasa milikmu. Semua informasi ini akan membantu menentukan strategi penetapan harga. Riset ini cocok untuk semua jenis usaha sebelum memasang harga yang tepat.
Untuk beberapa metode riset yang membutuhkan koresponden, Anda bisa mengumpulkan market insight dengan layanan roli Survey dari Telkomsel DigiAds. Dengan layanan roli Survey, Anda bisa mendapatkan banyak wawasan tentang pasar dan menciptakan awareness untuk bisnis, merek, atau produk Anda melalui survei mini di Aplikasi roli . Anda dapat membuat lebih dari satu jenis pertanyaan untuk membuatnya lebih menarik.
Yang menarik, Anda bisa berikan poin roli ekstra untuk audiens yang menyelesaikan survei. Dengan hasil yang didapat dari roli Survey, Anda bisa merumuskan strategi marketing apa yang sesuai dengan hasil survey tersebut.
Jika Anda perlu informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel DigiAds yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa membaca artikel terkait berjudul Pebisnis Pemula Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Melakukan Riset Pasar yang Efektif untuk membantu Anda dalam melakukan riset pasar sebagai salah satu langkah dalam strategi pemasaran produk.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...