image-header
Insight ID 15 February 2023

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Tepat

Dalam merintis sebuah bisnis, Anda tentunya harus menawarkan produk Anda. Namun, tidak semua masyarakat butuh atau cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Agar lebih tepat sasaran, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu target audiens serta target market untuk produk yang Anda jual. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa menentukan layanan iklan apa yang tepat untuk Anda gunakan. 

Target audiens adalah sekelompok orang yang diharapkan menjadi pembeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mereka diidentifikasi sebagai kelompok orang yang memungkinkan untuk menjadi pelanggan bisnis. Umumnya, target audiens memiliki ciri demografis yang serupa, meski demikian, target audiens tidak selalu terbatas pada jenis kelamin, usia, lokasi hingga pendidikan.

Sementara target market adalah kelompok orang yang memang ditargetkan sebagai target konsumen atau orang yang menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Saat Anda membuat produk maupun mendesain jasa, Anda pasti sudah merencanakan, siapakah yang akan menjadi pengguna produk atau jasa Anda nantinya. Nah, pengguna inilah yang disebut target market.

Target audiens dan target market bisa sama, namun bisa juga berbeda. Contohnya seperti produk mainan anak. Target audiens mainan anak adalah para orang tua yang diharapkan menjadi pembeli. Sebaliknya, target market-nya adalah anak-anak yang diharapkan menjadi pengguna. 

Cara Menarik Pelanggan Baru ke Tokomu

Setelah Anda mengetahui perbedaan target audiens dan target market, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi marketing dan layanan iklan yang akan Anda gunakan. Jika Anda baru memulai usaha dan berencaran menarik pelanggan baru, bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Buat Strategi Pemasaran yang Inovatif 
    Ketatnya persaingan bisnis, membuat Anda harus putar otak memikirkan strategi pemasaran yang disukai pelanggan. 
  2. Kenali Target Pembeli
    Mendapatkan pembeli baru akan lebih mudah jika Anda tahu target yang tepat untuk produk Anda. Dengan mengetahui target, Anda dapat memfokuskan upaya promosi dan branding dengan efektif dan efisien.
  3. Berikan Promo Spesial
    Untuk Anda yang baru memulai bisnis, bisa memberikan promo diskon ke calon pelanggan. Promo ini akan semakin menarik apabila diimbangi dengan kualitas produk dan layanan yang Anda berikan. 
  4. Pilih Layanan Iklan yang Terpercaya dan Berpengalaman
    Agar strategi pemasaran yang Anda susun dapat efektif, Anda perlu memilih layanan iklan yang terpercaya dan berpengalaman. Salah satunya adalah layanan targeted messaging dari Telkomsel MyAds.

Dalam strategi pemasaran, targeted messaging berarti mengarahkan pesan ke grup pengguna tertentu, alih-alih mencoba menjangkau seluruh audiens di luar sana. Targeted messaging memungkinkan Anda untuk mengarahkan iklan dan pesan dengan lebih tepat. Pesan yang ditargetkan ini berarti membuat konten untuk audiens target tertentu. 

Layanan iklan targeted messaging bisa Anda gunakan untuk menyampaikan iklan kepada audiens dengan hobi tertentu, serta mengirimkan iklan hanya ke audiens premium. Salah satu contoh layanan iklan targeted messaging adalah pesan berisi promosi yang disebarkan kepada pelanggan yang memiliki hewan peliharaan. Anda bisa memberikan diskon 50% khusus untuk pembelian pertama. 

Agar targeted messaging bisa sukses, terdapat dua bagian dalam membuat targeted messaging, yaitu:

  1. Segmentasi Pelanggan
    Untuk menyampaikan pesan, Anda memerlukan pemahaman yang jelas tentang pelanggan Anda. Jika Anda dapat mengkategorikan pelanggan berdasarkan kesamaannya, maka Anda dapat membuat pesan yang pasti dengan CTA (ajakan bertindak) yang jelas. Kriteria segmentasi pelanggan umumnya sebagai berikut:
      -  Demografi: Usia, etnis, jenis kelamin, agama, status keluarga.
      -  Geografis: Wilayah negara, kode area telepon, lokasi GPS.
      -  Perilaku: Riwayat penelusuran atau belanja, status di jejaring sosial.
      -  Psikografis: Nilai, sifat pribadi, gaya hidup.
  2. Pesan yang Dipersonalisasi
    Setelah Anda memiliki segmen pelanggan yang jelas, bagian kedua dari targeted messaging adalah pesan yang disusun dengan baik dan dipersonalisasi seperti pesan pribadi yang dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan penting.

Dengan cara di atas, Anda bisa menarik pelanggan baru. Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Telkomsel MyAds yang membahas lebih detail mengenai layanan iklan targeted messaging dari Telkomsel MyAds. Jika Anda membutuhkan informasi serta panduan yang lebih komprehensif, jangan ragu untuk hubungi kami dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk