image-header
Insight ID 08 September 2022

Yuk Mengenal Komponen Penting dalam Menentukan Strategi Marketing

Dalam upaya untuk mengembangkan bisnis, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah perencanaan. Perencanaan bisnis dapat dianalogikan sebagai sebuah peta untuk menunjukkan arah pada sebuah tujuan yaitu kesuksesan. Untuk dapat sampai ke tujuan tersebut Anda bisa menetapkan strategi pemasaran.

Pemasaran menempati posisi yang strategis untuk mencapai suatu keberhasilan pada sebuah bisnis. Meskipun sebuah produk memiliki kualitas yang baik, tetapi tidak akan bisa menghasilkan keuntungan berlipat apabila tidak diiringi dengan strategi pemasaran yang jitu.

Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, risiko kalah saing pun sangat mungkin terjadi. Sehingga, mempelajari tentang ilmu pemasaran sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Termasuk mengetahui tentang apa saja komponen penting dalam menentukan strategi pemasaran. Berikut penjelasan tentang apa saja yang termasuk dalam komponen penting strategi pemasaran.

 

Product (Produk) 

Adalah upaya pengelolaan unsur produk. Mulai dari perencanaan hingga pengembangan produk atau jasa untuk dipasarkan. Anda bisa memastikan produk dibuat dengan mempertimbangkan target pelanggan dan apakah produk tersebut selaras dengan kebutuhan mereka. Untuk mempermudah, Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri terkait masalah apa yang bisa dipecahkan oleh produk Anda bagi pelanggan? Bagaimana produk tersebut akan membuat hidup pelanggan lebih baik? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan pesan yang tepat untuk kampanye pemasaran produk Anda.

 

Price (Harga) 

Adalah penentuan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa. Hal ini termasuk penentuan strategi, seperti kebijakan potongan harga dan potongan biaya jasa pengiriman. Harga mengacu pada strategi penetapan harga untuk produk dan layanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan. Saat menentukan strategi penetapan harga, penting untuk mempertimbangkan posisi bisnis di pasar saat ini. Misalnya, jika bisnis diiklankan sebagai penyedia peralatan medis berkualitas tinggi, maka harga produk harus mencerminkan hal itu.

 

Place (Distribusi atau tempat) 

Adalah penentuan dan pengelolaan berbagai saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa. Contohnya pemilihan lokasi yang strategis serta pengembangan sistem distribusi. Tempat mengacu pada tempat produk/layanan bisnis dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Intinya, keputusan tempat dikaitkan dengan saluran distribusi dan cara menyampaikan produk kepada pelanggan utama yang ditargetkan. 

Penting untuk mempertimbangkan seberapa mudah akses produk atau layanan dan memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menemukan Anda. Produk atau layanan harus tersedia untuk pelanggan pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat. Misalnya, bisnis mungkin ingin menyediakan produknya melalui situs e-commerce, di toko ritel, atau melalui distributor pihak ketiga.

 

People (Pelanggan) 

Komponen People sama seperti Product, Anda juga perlu fokus kepada elemen pelanggan atau calon pelanggan bisnis Anda dalam merencanakan strategi pemasaran. Untuk melakukan itu, Anda harus benar-benar memahami mereka. Karakteristik, sifat, perilaku, dan lainnya adalah kunci untuk memahami pelanggan. Mulailah dengan melakukan riset dan mengumpulkan informasi apa pun tentang target pelanggan yang dituju, seperti usia, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan, profesi, hingga hobi.

Anda bisa mengetahui apa saja cara menentukan target pasar agar tepat sasaran dengan membaca artikel terkait berjudul Pahami Pentingnya Target Pasar Untuk Optimasi Bisnismu.

 

Promotion (Promosi) 

Adalah unsur yang digunakan untuk memberi tahu serta membujuk masyarakat agar membeli produk atau menggunakan jasa yang dipasarkan perusahaan. Anda perlu menyampaikan berita melalui promosi strategis. Rencana promosi Anda harus mengelaborasi dan menyampaikan pesan produk Anda kepada pelanggan pada waktu yang tepat. 

Jika Anda sudah melakukan riset dan membangun persona pembeli Anda, Anda seharusnya tidak memiliki masalah mengidentifikasi target pelanggan. Pemilihan waktu untuk mengeksekusi promosi produk juga sangatlah penting. Anda harus melakukan riset di pasar secara keseluruhan, seperti di musim apa yang cocok untuk mulai mempromosikan produk bisnis Anda. Intinya, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki kecocokan antara pasar dengan produk yang kuat.

 

Salah satu platform yang dapat membantu Anda dalam melakukan promosi produk / jasa Anda adalah Telkomsel DigiAds. Telkomsel DigiAds merupakan unit perusahaan dari Telkomsel yang menyediakan berbagai pilihan media iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sistem Kerja Layanan DigiAds terdiri dari 3 langkah, yaitu:

  1. Pre-sales
    a. Strategy Development: Rancang strategi yang tepat untuk menjangkau target konsumen.
    b. Data Insight: Rancang penargetan iklan berdasarkan analisis perilaku target konsumen.
     
  2. Deliveries
    a. Ads Broadcast: Kirimkan iklan kepada target konsumen sesuai data profilnya.
    b. Campaign Management: Sesuaikan penayangan iklan dengan budget Anda.
     
  3. Post Campaign
    a. Performance Review: Cek hasil analisis kinerja iklan.
    b. Campaign Report: Evaluasi efektivitas kampanye yang telah dijalankan.

Jangan ragu untuk hubungi kami dan tenaga profesional kami akan membantu Anda untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target konsumen yang tepat di seluruh wilayah Indonesia.
 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk