image-header
Insight ID 25 October 2022

Personalized Marketing Membuat Iklan Anda Lebih Efektif

Belakangan ini, perkembangan digital marketing yang begitu pesat memungkinkan terjadinya terobosan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Pernahkan Anda heran saat muncul berbagai iklan terkait barang yang Anda sedang Anda cari? Atau mendapat SMS tentang promosi di sebuah toko di kota Anda? Atau mungkin iklan susu yang sesuai dengan umur anak Anda? Itulah yang dinamakan personalized marketing, salah satu strategi iklan efektif yang akan kita bahas lebih jauh.

Bagaimana Cara Kerja Personalized Marketing

Personalized marketing adalah teknik digital marketing yang menggunakan data dari audience untuk mengirim iklan yang relevan bagi penerimanya. Contohnya, Anda dapat memilih beberapa kriteria target audience, seperti: umur, lokasi, interest, purchase history, dan lain-lain, dari data audience yang tersedia. Setelahnya, Anda dapat mengirim iklan yang relevan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan preferensi mereka. Berikan konten tentang apa yang mereka sukai, tawarkan promosi untuk hal yang mereka butuhkan, dan sampaikan dengan pesan yang personal di saat yang tepat. Saat penerima menerima iklan yang ‘diracik khusus’ untuk mereka, tentunya hal ini dapat meningkatkan peluang untuk merespons terhadap iklan tersebut. Karena itu, strategi ini juga dikenal dengan one-to-one marketing, sehingga mampu  meningkatkan Return on Investment (ROI).

Keuntungan Personalized Marketing

Personalized marketing memiliki banyak keuntungan bagi semua pihak. Berikut adalah manfaat personalized marketing untuk sebuah bisnis:

  1. Lebih dekat dengan audience
    Audience tidak lagi merasa asing dengan sebuah brand saat mereka mendapat konten yang cocok dan memang mereka butuhkan. 
  2. Membangun koneksi & kepercayaan
    Saat audience sudah merasa nyaman, mereka akan bersedia memperhatikan pesan dari brand Anda. Saat itulah Anda sudah membangun koneksi, dan mendapatkan kepercayaan mereka, yang berpotensi untuk mengkonversi mereka menjadi pelanggan.
  3. Meningkatkan pengalaman pelanggan
    Data dari Accenture menyebutkan bahwa 91% pelanggan memilih berbelanja di tempat yang memberikan informasi, promosi, dan rekomendasi yang relevan.
  4. Meningkatkan konversi sales dan mengoptimalkan ROI
    Saat mata pelanggan sudah tertuju pada brand Anda, konversi penjualan tidak lagi sulit dicapai bila Anda memiliki penawaran yang menarik. ROI juga dapat lebih maksimal karena budget iklan dialokasikan kepada target audience yang memang berpotensi membeli produk atau jasa Anda.
  5. Membangun loyalitas pelanggan
    Segment menyebutkan bahwa, 44% konsumen yang terkonversi dari personalized marketing akan terus membeli produk dan jasa tersebut.
  6. Mendapatkan feedback yang berharga
    Seiring berjalannya waktu, personalized marketing tidak hanya dapat membidik penjualan, namun juga membuat customer journey menjadi lebih baik. Dengan data yang didapat seiring waktu, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyempurnakan sales funnel bisnis Anda agar lebih tepat sasaran.

Sedangkan dari sisi audience, personalized marketing lebih disukai karena dapat memberikan informasi relevan di saat yang tepat, termasuk mengingatkan mereka untuk pembelian yang sedang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena konsumen zaman sekarang sudah menjadi lebih kritis dan tahu apa yang mereka mau. Mereka tidak suka dibombardir dengan informasi berlebihan yang tidak mereka butuhkan.

Tantangan dan Langkah Praktis dalam Personalized Marketing

Tantangan dalam personalized marketing tentunya tetap ada, namun dapat dihindari. Salah satunya adalah saat Anda mengumpulkan data personal audience; Anda harus sangat berhati-hati untuk mengatur level kedekatan dengan audience agar tidak mengusik privasi mereka.

Tantangan lainnya adalah untuk memiliki sumber daya yang cukup dan andal untuk memanfaatkan data yang sudah didapatkan. Misalnya saja, data harus dikonsolidasi dengan benar, dianalisis secara mendalam, dan dipantau untuk evaluasi berkelanjutan agar lebih optimal.

Untuk membantu Anda, kami juga merangkum langkah-langkah praktis yang dapat memandu Anda dalam melakukan personalized marketing yang efektif, yaitu:

  1. Mengumpulkan data audience lewat email, landing page, call to action, ataupun formulir registrasi di website. Dengan ini, Anda dapat mendeteksi apa mereka cari di internet. 
  2. Membuat customer persona, yaitu segmentasi audience berdasarkan kriteria tertentu.
  3. Membuat konten yang relevan dan personal untuk meningkatkan engagement. Salah satu caranya dengan menyapa nama mereka di email.
  4. Menggunakan teknologi dan sumber daya yang tepat untuk otomatisasi pengiriman iklan dan memproses data dalam jumlah besar di waktu yang singkat.
  5. Melakukan follow up, terutama pada konsumen yang sudah melakukan transaksi untuk mempertahankan loyalitas dan retensi mereka sebagai pelanggan.

Contoh Personalized Marketing yang Efektif

Setelah mengetahui tentang langkah praktisnya, kita akan melihat lebih jauh tentang berbagai contoh personalized marketing yang dapat diterapkan. Berikut adalah beberapa contoh personalized marketing yang efektif:

  1. Personalized email marketing, yang dapat dikirimkan secara individual kepada grup pelanggan tertentu, dengan subject email atau pesan yang personal. 
  2. Personalized rekomendasi produk biasanya ditunjukkan kepada audience berdasarkan data search history, purchase history, atau interest mereka.
  3. Personalized features di media sosial untuk meningkatkan engagement ataupun konversi. Misalnya saja, emoji slider untuk polling di Instagram, fitur retargeting dan geofilter berdasarkan lokasi, ataupun rekomendasi ‘people to follow’ di Facebook.
  4. Personalized video dengan berbagai kreatif, misalnya dengan menunjukkan whiteboard di video dengan nama penerima, dsb.
  5. Personalized SMS yang memiliki peluang tinggi untuk dibaca karena langsung dikirim ke perangkat mobile target audience, dan dapat langsung dibaca di mana saja dan kapan saja. 

Apapun bentuknya, personalized marketing dapat dilakukan di berbagai media digital dengan berbagai cara yang kreatif yang relevan dengan target audience Anda.

MyAds sebagai Platform Iklan Paling Efektif untuk Bisnis Anda

Bagi pebisnis yang memiliki keterbatasan waktu atau sumber daya dalam mengelola personalized marketing, MyAds Telkomsel dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Di sini, Anda dapat mengirimkan pesan yang eksklusif bagi target pelanggan yang spesifik, dan memonitor performa iklan bisnis Anda sehingga terukur.

Format iklan yang ditawarkan di MyAds pun sangat beragam, mulai dari SMS interaktif, USSD interaktif, LBA (Location Based Advertising), Targeted Ads, Display Ads, hingga Broadcast untuk menjangkau pengguna Telkomsel di seluruh Indonesia.

Coba dan buktikan sendiri dengan 5 SMS gratis setelah login di MyAds, platform iklan agar usahamu #LebihDikenalLebihDipercaya dengan SMS LBA, Targeted, SMS Interaktif, dan Display Banner.