Pahami Pentingnya Target Pasar Untuk Optimasi Bisnismu
Ketika menjalankan bisnis, ada banyak sekali aspek yang harus Anda perhatikan, mulai dari perencanaan produk, pengelolaan bisnis hingga ke perencanaan pemasaran. Pemasaran yang baik memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan pemasaran terbagi menjadi beberapa hal, salah satunya yaitu menentukan target pasar.
Dalam artikel sebelumnya berjudul Yuk Mengenal Komponen Penting dalam Menentukan Strategi Marketing target pasar atau People menjadi salah satu komponen penting dalam strategi pemasaran untuk dipetakan. Memiliki target pasar yang disusun dengan baik menjadi sangat penting karena dengan target pasar, usaha kecil sekalipun bisa bersaing dengan perusahaan besar dengan menargetkan ceruk pasar yang tepat.
Menentukan target pasar tertentu tidak berarti mengecualikan orang yang tidak sesuaidengan kriteria bisnis. Sebaliknya, target pasar memungkinkan Anda untuk memfokuskan bisnis pada pasar tertentu yang lebih potensial daripada pasar lain.
Menentukan Target Pasar
Bagaimana menentukan target pasar agar tepat sasaran? Dalam menentukannya, Anda dapat melakukan segmentasi atau pengelompokkan-pengelompokkan berdasarkan kategori yang Anda buat. Berikut jenis-jenis segmentasi yang dapat membantu kamu menentukan target market yang tepat.
Segmentasi Demografis
Segmentasi Demografis merupakan hal yang paling mendasar dan terpenting dalam pembuatan target pasar. Adapun pengelompokkan demografi berdasarkan pada jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, hingga pendidikan. Dari pengelompokkan inilah Anda bisa mengetahui apakah produk atau brand yang akan Anda pasarkan cocok dengan klasifikasi di atas. Seperti contohnya jika produk yang akan Anda pasarkan berupa produk suplemen kesehatan lansia, maka Anda tidak akan memasarkannya kepada remaja yang berumur 12-17 tahun melainkan kepada wanita dan pria lansia berumur 50 tahun ke atas.
Segmentasi Geografis
Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target pasar berdasarkan lokasi atau wilayah. Adapun hal-hal yang mendasarinya adalah lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi hingga wilayah.
Segmentasi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan masing-masing para target pasar, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand kamu. Contohnya seperti penjualan AC pastinya akan lebih laris jika dijual di wilayah yang memiliki cuaca panas dibanding di wilayah pegunungan yang sejuk dan dingin.
Segmentasi Psikologi
Dalam segmentasi ini, Anda akan membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi ini dibagi menjadi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.
Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya. Segmentasi psikografis didasarkan pada teori bahwa pilihan yang dibuat seseorang saat membeli produk atau jasa adalah cerminan dari preferensi gaya hidup mereka atau kelas sosio-ekonomi.
Anda bisa menentukan bagaimana barang atau jasa akan sesuai dengan gaya hidup target pasar. Bagaimana dan kapan target akan menggunakan produk? Fitur apa yang paling menarik bagi target pasar? Itu penting untuk diketahui.
Setelah menentukan target pasar, kini Anda siap untuk mempromosikan bisnis Anda dengan tepat ke target pasar yang telah Anda tentukan. Jika membutuhkan tenaga profesional, Anda bisa menggunakan layanan Telkomsel MyAds.
Layanan Telkomsel MyAds dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Bagi Anda yang penasaran dengan layanan ini, berikut adalah informasi seputar jenis fitur dan Telkomsel MyAds.
- Targeted Ads
Pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar. Biaya: Rp 180 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD). Layanan Targeted Ads ini cocok untuk target pasar yang sesuai dengan banyak segmentasi, baik itu segmentasi demografis, psikologi, hingga geografis. Anda hanya perlu memetakan masing-masing target sesuai segmentasi dan membuat konten yang lebih personal agar lebih efektif.
- Interactive SMS
Iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu. Biaya: Rp 175. Layanan ini cocok untuk target pasar di semua segmentasi. Anda hanya perlu membuat konten interaktif yang sesuai target yang ingin Anda fokuskan.
- Interactive USSD
Iklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formular. Biaya: Rp 200. Layanan Interactive USSD ini cocok untuk tipe iklan yang ingin mendapatkan respon atau balasan langsung dari pelanggan.
- Location Based Ads
Pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar. Biaya: Rp 200 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD). Layanan LBA ini cocok untuk target pasar Anda dalam segmentasi geografis karena bisa menyesuaikan sesuai titik spesifik lokasi target pasar Anda.
- Broadcast
Pengiriman pesan iklan secara massal. Biaya: Rp 100 (SMS), Rp 250 (MMS), Rp 100 (USSD). Iklan ini cocok digunakan untuk meningkatkan loyalitas pengguna atau member produk tertentu. Sebagai contoh bisa memberikan diskon spesial khusus untuk member yang berulang tahun
Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...