image-header
Insight ID 08 September 2022

Mengembangkan Usaha Kecil bukan Hal Mustahil

Setiap pengusaha terutama pemilik usaha kecil pasti ingin bisnisnya semakin berkembang. Selain meraih keuntungan, bisnis yang terus kerkembang dan dapat bertahan dari segala gempuran persaingan merupakan impian bagi setiap pebisnis.

Untuk mewujudkan itu semua, pemilik usaha harus pintar dalam mengambil langkah. Jangan sampai bisnis yang dilakukan justru stagnan. Jika sudah demikian, Anda patut khawatir kalau bisnis akan sulit berkembang.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha:

  1. Review Perkembangan Bisnis Anda Selama Ini
    Lakukan review terhadap pertumbuhan bisnis Anda sejauh ini. Coba untuk melakukan evaluasi atas langkah-langkah yang telah Anda usahakan selama berbisnis. Dengan demikian, Anda bisa menilai dan melihat hal apa saja yang harus diperbaiki dan dikembangkan.
     
  2. Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk
    Salah satu hal yang menghambat bisnis Anda sulit bertumbuh adalah produk kurang diminati. Oleh sebab itu, cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar selanjutnya adalah menganalisa keunggulan dan kelemahan produk. Keunggulan yang telah ada dari produk terus dikembangkan kualitasnya dan diinovasi, sementara kelemahan produk bisa diminimalisir atau diganti produk baru yang lebih unggul.
     
  3. Bangun Kerjasama dengan Bisnis Lain dan Alokasikan Modal Tambahan
    Mengembangkan usaha kecil juga bisa dilakukan dengan membangun kerjasama dengan bisnis lain. Dengan melakukan kolaborasi, maka bisnis Anda bisa semakin kuat. Apalagi jika Anda berhasil membangun kerjasama dengan bisnis lain yang lebih popular. Hal ini akan membuat bisnis Anda mendapatkan kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
     
  4. Riset Target Pasar Baru
    Cara lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan melakukan riset pasar baru. Setelah menemukan target baru, jangan lupa melakukan rebranding agar produk Anda segera relevan dengan target tersebut.
     
  5. Perbaiki Strategi Marketing Anda
    Salah satu hal yang membuat bisnis sulit berkembang adalah karena tingkat penjualan stagnan. Artinya, Anda harus meningkatkan omset agar keuntungan bertambah dan usaha mampu bertumbuh. Salah satu caranya adalah dengan membuat dan memperbaiki strategi marketing. Cari tahu apakah Anda butuh menambah atau mungkin mengganti strategi yang selama ini digunakan. Sembari evaluasi, perhatikan juga tren marketing saat ini dan jadikan referensi menyusun strategi baru.


Susun Rencana Promosi Menggunakan Telkomsel MyAds

Setelah menyusun strategi marketing yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mulai beriklan dengan Telkomsel MyAds. Telkomsel menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi seluler yang mempunyai layanan lengkap untuk memanjakan para pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan. Salah satu di antaranya adalah Telkomsel MyAds. 

Berikut langkah beriklan dengan Telkomsel MyAds: 

  1. Registrasi akun: Daftarkan usaha Anda untuk beriklan di Telkomsel MyAds.
  2. Login dan coba 5 sms gratis: Login dengan username dan password. Lalu, Anda bisa coba langsung 5 SMS Gratis sesuai konten dari Anda.
  3. Aktifkan akun Anda: Lengkapi dokumen KTP untuk akun. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
  4. Buat iklan dan lakukan pembayaran: Pilih tipe iklan (LBA/Targeted/broadcast), media iklan (SMS/MMS/Pesan Pop Up), Pilih profil target Anda dan tentukan jadwal kirim. Lakukan pembayaran Top up Saldo minimal Rp50.000. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
  5. Iklan berjalan & pantau hasilnya: Iklan akan berjalan sesuai jadwal dan Anda dapat memantau hasilnya.

 

Layanan Telkomsel MyAds dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Bagi Anda yang penasaran dengan layanan ini, berikut adalah informasi seputar jenis fitur dan Telkomsel MyAds.

  1. Targeted Ads
    Pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar. Biaya: Rp 180 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
     
  2. Interactive SMS
    Iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu. Biaya: Rp 175.
     
  3. Interactive USSD
    Iklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formulir. Biaya: Rp 200.
     
  4. Location Based Ads
    Pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar. Biaya: Rp 200 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
     
  5. Broadcast
    Pengiriman pesan iklan secara massal. Biaya: Rp 100 (SMS), Rp 250 (MMS), Rp 100 (USSD).

 

Untuk informasi lebih lengkap seputar promosi menggunakan SMS, Anda bisa mengunjungi artikel berjudul SMS jadi Solusi Personal Marketing? atau Anda bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial
 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk