Mengembangkan Usaha Kecil bukan Hal Mustahil
Setiap pengusaha terutama pemilik usaha kecil pasti ingin bisnisnya semakin berkembang. Selain meraih keuntungan, bisnis yang terus kerkembang dan dapat bertahan dari segala gempuran persaingan merupakan impian bagi setiap pebisnis.
Untuk mewujudkan itu semua, pemilik usaha harus pintar dalam mengambil langkah. Jangan sampai bisnis yang dilakukan justru stagnan. Jika sudah demikian, Anda patut khawatir kalau bisnis akan sulit berkembang.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha:
- Review Perkembangan Bisnis Anda Selama Ini
Lakukan review terhadap pertumbuhan bisnis Anda sejauh ini. Coba untuk melakukan evaluasi atas langkah-langkah yang telah Anda usahakan selama berbisnis. Dengan demikian, Anda bisa menilai dan melihat hal apa saja yang harus diperbaiki dan dikembangkan.
- Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk
Salah satu hal yang menghambat bisnis Anda sulit bertumbuh adalah produk kurang diminati. Oleh sebab itu, cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar selanjutnya adalah menganalisa keunggulan dan kelemahan produk. Keunggulan yang telah ada dari produk terus dikembangkan kualitasnya dan diinovasi, sementara kelemahan produk bisa diminimalisir atau diganti produk baru yang lebih unggul.
- Bangun Kerjasama dengan Bisnis Lain dan Alokasikan Modal Tambahan
Mengembangkan usaha kecil juga bisa dilakukan dengan membangun kerjasama dengan bisnis lain. Dengan melakukan kolaborasi, maka bisnis Anda bisa semakin kuat. Apalagi jika Anda berhasil membangun kerjasama dengan bisnis lain yang lebih popular. Hal ini akan membuat bisnis Anda mendapatkan kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
- Riset Target Pasar Baru
Cara lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan melakukan riset pasar baru. Setelah menemukan target baru, jangan lupa melakukan rebranding agar produk Anda segera relevan dengan target tersebut.
- Perbaiki Strategi Marketing Anda
Salah satu hal yang membuat bisnis sulit berkembang adalah karena tingkat penjualan stagnan. Artinya, Anda harus meningkatkan omset agar keuntungan bertambah dan usaha mampu bertumbuh. Salah satu caranya adalah dengan membuat dan memperbaiki strategi marketing. Cari tahu apakah Anda butuh menambah atau mungkin mengganti strategi yang selama ini digunakan. Sembari evaluasi, perhatikan juga tren marketing saat ini dan jadikan referensi menyusun strategi baru.
Susun Rencana Promosi Menggunakan Telkomsel MyAds
Setelah menyusun strategi marketing yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mulai beriklan dengan Telkomsel MyAds. Telkomsel menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi seluler yang mempunyai layanan lengkap untuk memanjakan para pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan. Salah satu di antaranya adalah Telkomsel MyAds.
Berikut langkah beriklan dengan Telkomsel MyAds:
- Registrasi akun: Daftarkan usaha Anda untuk beriklan di Telkomsel MyAds.
- Login dan coba 5 sms gratis: Login dengan username dan password. Lalu, Anda bisa coba langsung 5 SMS Gratis sesuai konten dari Anda.
- Aktifkan akun Anda: Lengkapi dokumen KTP untuk akun. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Buat iklan dan lakukan pembayaran: Pilih tipe iklan (LBA/Targeted/broadcast), media iklan (SMS/MMS/Pesan Pop Up), Pilih profil target Anda dan tentukan jadwal kirim. Lakukan pembayaran Top up Saldo minimal Rp50.000. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Iklan berjalan & pantau hasilnya: Iklan akan berjalan sesuai jadwal dan Anda dapat memantau hasilnya.
Layanan Telkomsel MyAds dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Bagi Anda yang penasaran dengan layanan ini, berikut adalah informasi seputar jenis fitur dan Telkomsel MyAds.
- Targeted Ads
Pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar. Biaya: Rp 180 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Interactive SMS
Iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu. Biaya: Rp 175.
- Interactive USSD
Iklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formulir. Biaya: Rp 200.
- Location Based Ads
Pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar. Biaya: Rp 200 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Broadcast
Pengiriman pesan iklan secara massal. Biaya: Rp 100 (SMS), Rp 250 (MMS), Rp 100 (USSD).
Untuk informasi lebih lengkap seputar promosi menggunakan SMS, Anda bisa mengunjungi artikel berjudul SMS jadi Solusi Personal Marketing? atau Anda bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...