Bagaimana Membuat SMS Marketing yang Efektif?
Dalam dunia pemasaran, ada banyak cara untuk mempromosikan produk. Yang paling umum adalah memasang iklan di radio, TV atau media promosi cetak. Namun di era teknologi seperti saat ini, sudah mulai banyak yang beralih ke media lainnya, salah satunya adalah SMS Marketing.
Menurut Simmons National Consumer Study (NCS), 91% kaum milenial berkirim pesan hampir setiap hari, baik menggunakan aplikasi messenger ataupun SMS. Kemungkinan mereka membuka SMS promo sekitar 49%. Dari data tersebut, SMS Marketing terbilang masih sangat relevan untuk diterapkan dalam strategi pemasaran bisnis.
Secara sederhana SMS Marketing adalah strategi pemasaran melalui pesan singkat berisi informasi sebuah produk atau jasa. Pada umumnya teknik pesan ini ditujukan untuk pelanggan atau masyarakat yang tertarget dan bersifat personal.
Cara dan Tips Melakukan Personalized Marketing
Agar SMS Marketing Anda efektif, Anda bisa membaca cara dan tips berikut ini.
- Mengumpulkan Data
Untuk melakukan Personalized Marketing, hal paling utama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan data. Tanpa data, akan sulit untuk menemukan target yang tepat dan cara pendekatan yang paling cocok. Data-data ini harus diolah untuk membentuk buyer persona sehingga upaya marketing menjadi tepat sasaran. Untuk mendapatkan data, Anda harus tahu apa saja atribut yang ingin dikumpulkan sesuai dengan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Semakin banyak data yang dikumpulkan, semakin baik Anda memahami pelanggan.
- Buat Customer Persona
Setelah mengumpulkan data yang cukup, Anda bisa membuat Customer Persona. Customer Persona dalam Personalized Marketing adalah segmentasi audiens berdasarkan faktor-faktor tertentu, misalnya umur, jenis kelamin, penghasilan, lokasi, kebiasaan tertentu, dan masih banyak lagi. Hal ini memudahkan marketer untuk menentukan bagaimana konten serta cara memasarkan produknya yang paling tepat.
- Rencanakan Content Map
Dalam Content Map, Anda perlu memikirkan konten apa yang paling menarik untuk calon pembeli. Tak hanya menarik, konten juga baiknya bermanfaat dan meningkatkan engagement. Misalnya, Anda bisa membuat konten tips-tips dan hal terkait lainnya. Hal ini juga harus disesuaikan dengan ketertarikan segmen audiens yang sudah dibuat sebelumnya.
- Buat Personalized Content
Jika tahap 1-3 sudah dilakukan, Anda siap untuk membuat konten untuk strategi marketing. Anda bisa membuat Personalized Content dan membagikannya melalui media SMS Marketing. Dengan cara ini Anda bisa menghemat waktu dan mengirim pada banyak orang dengan lebih cepat. Untuk membantu hal ini, Anda bisa menggunakan layanan Telkomsel MyAds.
Berikut Langkah beriklan dengan Telkomsel MyAds:
- Registrasi akun: Daftarkan usaha Anda untuk beriklan di Telkomsel MyAds.
- Login dan coba 5 sms gratis: Login dengan username dan password. Lalu, Anda bisa coba langsung 5 SMS Gratis sesuai konten dari Anda.
- Aktifkan akun Anda: Lengkapi dokumen KTP untuk akun. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Buat iklan dan lakukan pembayaran: Pilih tipe iklan (LBA/Targeted/broadcast), media iklan (SMS/MMS/Pesan Pop Up), Pilih profil target Anda dan tentukan jadwal kirim. Lakukan pembayaran Top up Saldo minimal Rp50.000. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Iklan berjalan & pantau hasilnya: Iklan akan berjalan sesuai jadwal dan Anda dapat memantau hasilnya.
Layanan Telkomsel MyAds dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Bagi Anda yang penasaran dengan layanan ini, berikut adalah informasi seputar jenis fitur dan Telkomsel MyAds.
- Targeted Ads
Pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar. Biaya: Rp 180 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Interactive SMS
Iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu. Biaya: Rp 175.
- Interactive USSD
Iklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formulir. Biaya: Rp 200.
- Location Based Ads
Pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar. Biaya: Rp 200 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Broadcast
Pengiriman pesan iklan secara massal. Biaya: Rp 100 (SMS), Rp 250 (MMS), Rp 100 (USSD).
Untuk informasi lebih lengkap seputar promosi menggunakan SMS, Anda bisa mengunjungi artikel berjudul SMS jadi Solusi Personal Marketing? atau Anda bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cari Tahu Seberapa efektif Layanan Iklan untuk Usaha Anda

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Cocok untuk Bisnis Baru, Ini Layanan Iklan Targeted dari Tel...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...

Dapatkan Pelanggan Baru dengan Memilih Layanan Iklan yang Te...