Menerapkan Emotional Marketing Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Masa Pandemi
Disadari atau tidak, pasca pandemi, kondisi emosional masyarakat Indonesia menjadi lebih sensitif. Salah satu penyebabnya adalah akibat harus menjalani masa isolasi selama beberapa waktu ketika terjangkit Covid, atau saat mengalami penurunan ekonomi selama pandemi, yang membuat kondisi psikologis masyarakat sedikit mengalami perubahan.
Oleh karena itu, sebaiknya pelaku bisnis juga perlu menyesuaikan strategi pemasaran yang dilakukan terhadap perubahan perilaku dan emosional yang terjadi di masyarakat. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah Emotional Marketing.
Secara sederhana, Emotional Marketing dapat diartikan sebagai sebuah upaya memasarkan produk atau jasa dari perusahaan dengan cara memanfaatkan sisi emosional pelanggan agar mereka lebih mudah untuk tertarik, memperhatikan, mengingat, hingga akhirnya membeli produk.
Sisi emosional dalam diri manusia tersebut, dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan dan mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Itulah mengapa, strategi marketing yang satu ini terbilang efektif untuk membuat audiens merasa lebih relate dengan brand hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya.
Menurut studi Nielsen pada tahun 2016 lalu juga disebutkan bahwa iklan yang dapat menyentuh emosi audiens berdampak pada peningkatan penjualan hingga 23%. Jadi, Emotional Marketing telah terbukti menjadi salah satu strategi yang ampuh untuk meningkatkan konversi.
Strategi Jitu Optimalkan Emotional Marketing
Menurut Robinette dan Brand, Emotional Marketing merupakan usaha menyeluruh yang dilakukan oleh perusahaan guna mendapatkan hubungan yang membuat konsumen merasa betah, dihargai, diapresiasi, serta diperhatikan sehingga mereka menjadi loyal. Oleh karena itu, jika Anda melakukan Emotional Marketing maka perlu memperhatikan beberapa strategi berikut ini:
- Cari Hal yang Dapat Menumbuhkan Inspirasi
Salah satu kunci sukses dalam menerapkan Emotional Marketing adalah dengan mengangkat tema yang dapat menumbuhkan inspirasi bagi audiens. Brand bisa mulai mencari tahu dan berkomitmen untuk tujuan yang dapat menginspirasi pelanggan. Misalnya, campaign untuk menjaga kesehatan mental atau isu tentang lingkungan. - Gunakan Strategi Clickbait
Strategi Clickbait dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan Emotional Marketing. Clickbait sendiri merupakan judul atau narasi pada iklan yang dibuat persuasif sehingga menarik dan memancing audiens untuk membuka iklan tersebut. Narasi iklan yang mengandung clickbait dapat memancing sisi emosional audiens, seperti kaget, tertarik, penasaran, antusias, dan lainnya. Namun perlu diingat, agar tidak terlalu mengganggu, Anda perlu membuat clickbait yang masih berkaitan dengan konten yang ada di dalamnya. - Menggunakan Lokasi
Saat perusahaan membuat campaign untuk acara lokal atau membuat konten yang menampilkan lokasi, hal ini dapat membangkitkan rasa emosional dari pelanggan. Khususnya mereka yang tinggal di wilayah tersebut. Mereka yang tinggal di lokasi itu akan mudah merasa terhubung dengan brand lewat konten yang dibuat. Maka dari itu, persiapkan konten yang menampilkan lokasi tertentu jika brand ingin menargetkan warga di sekitar daerah tersebut. Untuk ini, Anda bisa menggunakan layanan Location Based Advertising. Dengan Location Based Advertising Anda bisa mengirim pesan iklan berupa teks atau gambar ke pelanggan di lokasi yang tepat, Anda bisa menentukan lokasi penyebaran iklan yang Anda inginkan untuk tayang di daerah tersebut sesuai dengan target bisnis Anda, Anda bisa memilih lokasi sesuai target bisnis yang mampu membawa Anda untuk mendapatkan pelanggan yang tepat.
Itulah beberapa informasi terkait Emotional Marketing dan apa strategi yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menjalankan Emotional Marketing. Jika Anda berencana menjalankan Location Based Advertising, silakan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Location Based Advertising dari Telkomsel DigiAds. Mari raih tujuan bisnis Anda bersama Telkomsel DigiAds.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

Understanding Harbolnas from Telco Perspective

Understanding Harbolnas from Telco Perspective