Cara Mengukur Tingkat Loyalitas Pelanggan
Pernahkah Anda membeli produk yang sama secara berulang-ulang dari sebuah tempat? Jika iya maka selamat Anda termasuk kategori pelanggan yang loyal dan menjadi faktor penting dalam keberhasilan sebuah usaha.
Loyalitas pelanggan penting bagi bisnis baik itu UKM atau bisnis skala kecil sekalipun karena hubungan baik dengan pelanggan dapat membuat sebuah bisnis bertahan lama dan kuat. Mengapa demikian? Karena, menjaga dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci penting bagi bisnis Anda agar bisa bertahan lama di dunia bisnis.
Inilah beberapa alasan mengapa sangat penting menjaga loyalitas pelanggan untuk kemajuan bisnis.
- Angka Penjualan Jadi Lebih Baik
Dengan adanya pelanggan setia, Anda bisa mendapatkan laba bisnis yang stabil. Keuntungan lainnya, Anda tidak harus menggerus biaya tinggi untuk mencari pelanggan baru atau mengiklankan produk. Jika hubungan Anda dan pelanggan lama terjalin dengan baik, maka mereka akan terus kembali. Nah, saat bisnis Anda sudah meraih kepercayaan customer ditambah lagi Anda secara pribadi mengenal profil mereka, maka akan lebih mudah untuk bisa memprediksi pergerakan dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. - Kemudahan dalam Bidang Promosi
Penting untuk membuat pelanggan nyaman hingga menyukai produk atau layanan Anda. Apabila mereka puas, otomatis mereka akan berperan sebagai influencer untuk bisnis Anda, dimana pelanggan dengan percaya diri merekomendasikan produk Anda kepada orang terdekat atau kenalan mereka. - Kualitas Semakin Meningkat
Jika Anda dapat meraih loyalitas pelanggan, Anda bisa memperbaiki produk Anda dengan saran dan masukan langsung dari mereka. Mereka akan menyediakan banyak informasi yang membangun yang bisa Anda gunakan untuk mengatur kembali strategi usaha dan menjaga umur bisnis Anda dalam jangka waktu panjang.
Cara Mengukur Loyalitas Pelanggan
Setelah mengetahui alasan mengapa sangat penting menjaga loyalitas pelanggan untuk kemajuan bisnis, ketahui juga beberapa cara mengukur loyalitas pelanggan berikut ini:
- Tingkat Pembelian Kembali
Salah satu indikator kesetiaan pelanggan adalah pembelian ulang. Jadi menghitung tingkat atau rasio pembelian ulang ini bisa membantu mengukur kesetiaan pelanggan. Cara perhitungannya dapat berbeda-beda bergantung pada jenis bisnisnya. Secara umum rasio ini dihitung dengan membagi jumlah antara pelanggan yang melakukan transaksi ulang dengan pelanggan yang hanya melakukan transaksi sekali. - Net Promoter Score
Net Promoter Score atau NPS adalah salah satu cara menilai loyalitas pelanggan yang paling digemari. Skala angka NPS adalah -100 hingga 100 yang menggambarkan kesetiaan pelanggan. Angka ini bisa didapatkan dengan cara melakukan survei langsung kepada pelanggan yang datanya kemudian diolah dengan menggunakan tools NPS. Nilai rata-rata NPS dapat berbeda-beda bergantung pada jenis bisnisnya dan nilai yang kecil tidak selalu berarti buruk. - Customer Lifetime Value
Customer Lifetime Value (CLV) digunakan untuk mengukur perkiraan nilai pelanggan terhadap sebuah brand dalam jangka waktu selama keduanya berhubungan dalam bisnis. Perhitungan ini kurang lebih membantu perusahaan untuk mengetahui jumlah rata-rata uang yang dikeluarkan pelanggan untuk perusahaan tersebut. Semakin tinggi angka tentunya semakin menunjukkan kesetiaan pelanggan yang tinggi. - Customer Loyalty Index
Terakhir adalah perhitungan Customer Loyalty Index (CLI) yang berguna untuk melacak kesetiaan pelanggan dari waktu ke waktu. Perhitungan ini melibatkan perhitungan lain seperti NPS, rasio pembelian ulang, dan rasio upselling. Selain dapat menilai kesetiaan pelanggan dengan lebih akurat, ini juga bisa membantu retensi di masa mendatang.
Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan pesan promosi melalui SMS. Pesan yang Anda kirimkan bisa bersifat personal agar pelanggan merasa spesial, misalnya seperti promo khusus member, promo khusus ulang tahun dsb.
Anda dapat meminta bantuan profesional seperti Layanan Telkomsel MyAds. Layanan Telkomsel MyAds bisa menjadi salah satu media iklan yang dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan loyal Anda yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel melalui layanan SMS. Berikut adalah informasi seputar jenis layanan Telkomsel MyAds.
- Targeted Ads yaitu pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar.
- Interactive SMS yaitu iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu.
- Location Based Ads yaitu pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar.
- Broadcast yaitu pengiriman pesan iklan secara massal.
Setelah mengetahui aja saja alasan penting dalam menjaga loyalitas pelanggan untuk kemajuan bisnis serta cara mengukur loyalitas pelanggan, Anda bisa membaca artikel berjudul Pemilik UMKM Wajib Baca. Ini Tips Agar Pelanggan Balik Lagi untuk mengetahui apa saja tipe loyalitas pelanggan dan bagaimana treatment terhadap masing-masing tingkatan loyalitas pelanggan.
Anda juga bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

Understanding Harbolnas from Telco Perspective

Understanding Harbolnas from Telco Perspective