Potensi Content Creator di Indonesia dan Roli sebagai Platform Berkreasi
Seiring dengan pengguna internet dan gadget yang terus meningkat di Indonesia, profesi baru di dunia digital pun terus bermunculan. Salah satunya adalah content creator atau kreator konten, yang istilahnya sudah wara-wiri di media sosial dan platform konten lainnya. Bahkan, banyak media sudah membocorkan pendapatan seorang kreator konten yang ternyata cukup ‘wow’. Lalu, konten apa saja yang bisa dibuat dan dapat menguntungkan? Jenis skill apa yang perlu dimiliki seorang kreator konten? Berikut pembahasan lebih jauh tentang kreator konten.
Pengertian dan Jenis Content Creator
Secara harfiah, kreator konten adalah orang yang membuat konten, biasanya lebih mengarah ke dunia digital. Konten tersebut dapat mencakup tulisan atau teks, foto atau gambar, audio, dan video yang dirilis di berbagai platform digital. Beberapa konten yang biasa kita temui sehari-hari adalah foto atau video di Instagram dan Facebook, video di YouTube dan TikTok, hingga artikel di blog atau website.
Berbeda dengan talent yang ‘tampil saja’ di dalam konten, kreator konten juga melakukan riset, membuat content plan, merencanakan alur atau story board, memproduksi konten, mengedit dan mempublikasikan konten, hingga mengevaluasi dan menganalisis konten tersebut.
Bila dilakukan secara independen, semua hal tersebut dapat dilakukan oleh satu kreator. Namun untuk sebuah brand atau perusahaan, hal ini biasanya dilakukan dalam tim. Beberapa pekerjaan terkait kreator konten dalam perusahaan adalah asisten produksi, graphic designer, content specialist, content editor, copywriter, content writer, social media strategist, dan masih banyak lagi.
Skill dan Cara untuk Menjadi Content Creator
Untuk menjadi seorang kreator konten, ada berbagai hard-skill dan soft-skill yang harus dikuasai oleh kreator, antara lain:
- Kemampuan riset dan rasa ingin tahu yang tinggi
Riset menjadi kunci awal yang penting dalam membuat konten. Selain harus memahami audience dengan baik, kreator konten juga harus mencari tahu fakta dan data untuk membuat konten yang sedang banyak diminati atau dibutuhkan.
- Kemampuan komunikasi
Dari hasil riset yang didapatkan, kreator konten dapat mengetahui preferensi audience dan mulai ‘menggodok’ konten. Untuk itu, kreator konten perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikannya, termasuk melalui tulisan, verbal, visual, ataupun audio. Kemampuan ini berfokus pada pembuatan ‘pesan’ yang ingin disampaikan.
- Kemampuan berkreasi
Meskipun memiliki pesan yang baik, namun konten yang kurang menarik sulit mendatangkan traffic dari audience. Maka dari itu, konten perlu disajikan dengan kreatif agar dapat menghibur audience saat menikmati konten tersebut.
- Skill analisis
Membuat konten dapat menjadi melelahkan bila terseret arus untuk selalu mengikuti tren. Namun di sisi lain, kreator konten juga perlu mengevaluasi umpan balik dari audience untuk terus meningkatkan kualitas konten. Karena itu, kreator konten harus selektif dan objektif dalam memilih dan menganalisis data dari analytics tool yang tersedia.
- Konsisten
Untuk terus memperoleh audience baru dan menjaga loyalitas audience yang sudah ada, seorang kreator konten harus menjaga konsistensinya. Misalnya saja dengan jadwal unggah yang terjadwal, sekaligus membangun portofolio untuk prospek pekerjaan atau proyek di masa depan. Di roli, salah satu aplikasi dari Telkomsel untuk segmen anak muda, kreator dapat menulis cerita horor yang dapat dibaca oleh sesama pengguna.
Ide Konten yang Disukai Audience dan Memiliki Profitabilitas Tinggi
Tren digital terus berubah dan berkembang dengan pesat. Saat menelusuri dunia digital, audience sangat menyukai pengalaman yang menghibur, termasuk sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Karena itu, banyak brand yang mulai beralih ke konten promosi digital berbasis hiburan untuk berinteraksi dengan konsumen mereka.
Berikut adalah beberapa jenis dan ide konten yang disukai audience dan dapat mendatangkan profitabilitas tinggi bagi sebuah brand:
- Livestream TV atau video dengan unsur komedi
- Ulasan produk yang autentik dengan video unboxing
- Talkshow dengan pakar yang kredibel
- Jenis konten yang membangkitkan kenangan positif atau perasaan bahagia
- Tulisan atau cerpen yang menghibur, menginspirasi, atau mengedukasi
Roli sebagai Wadah Content Creator Indonesia
Menjadi kreator konten mungkin terdengar rumit dan sulit. Namun di roli, aplikasi untuk subscriber Telkomsel, kreator dapat berkreasi dengan sangat mudah. Misalnya saja, kreator dapat membuat cerita bertemakan mistis atau horor untuk mendapatkan koin, yang kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang sudah menanti. Download roli sekarang untuk mulai berkreasi!
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

Understanding Harbolnas from Telco Perspective

Understanding Harbolnas from Telco Perspective