SMS jadi Solusi Personalized Marketing?
Marketing saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi semua bisnis. Namun, masih banyak orang melakukan marketing tanpa strategi. Salah satu contoh marketing yang dilakukan tanpa strategi adalah satu konten marketing yang sama disebarkan secara masif dengan harapan banyak di antara calon konsumen yang akan tertarik.
Akan tetapi, marketing dengan cara ini justru menyebabkan rasa bosan dan jenuh sehingga sering diabaikan dan hasilnya tidak akan memberikan feedback positif. Karena itulah konsep Personalized Marketing dibutuhkan.
Personalized Marketing adalah suatu cara yang dilakukan oleh penjual untuk memasarkan suatu produk secara personal atau per individu. Personalized Marketing ini tentunya didasari oleh data untuk menghasilkan sebuah konten yang sesuai dengan keinginan customer.
Dalam konsep Personalized Marketing, setiap orang dipandang sebagai pribadi yang unik sehingga pemilik bisnis harus memandang konsumen secara personal ketika mereka menyusun strategi marketing. Dengan Personalized Marketing, yang menjadi fokus adalah relevansi brand message atau promosi terhadap orang yang menerimanya.
Penerima brand message yang sudah disesuaikan, idealnya merasa bahwa iklan atau pesan yang mereka dapatkan seakan dibuat khusus untuk mereka. Oleh karena itu, penggunaan data menjadi kunci utama yang perlu dikuasai marketer. Selain itu, waktu yang tepat juga menjadi pertimbangan penting dalam strategi marketing ini.
Personalized Marketing ini memberikan manfaat, diantaranya:
- Personalized Marketing adalah cara yang sangat efektif untuk membuat konsumen merasa dimengerti. Dengan pesan yang tersampaikan dengan baik dan cocok dengan penerimanya, mereka akan merasa telah menemukan solusi permasalahan dengan penawaran yang Anda berikan.
- Personalized Marketing mampu membuat konten yang bersifat personal dan bertujuan untuk menempatkan produk serta layanan sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan yang pada akhirnya bertujuan untuk memunculkan keputusan pembelian dari konsumen.
- Upaya dalam Personalized Marketing akan membuat sebuah merek lebih mengenal dan lebih dekat dengan konsumen. Dan ini menjadi langkah awal membangun hubungan dan meningkatkan rasa percaya.
Salah satu contoh Personalized Marketing adalah SMS Marketing. SMS Marketing dikirimkan ke setiap perangkat mobile customer Anda, yang akan diterima dan dibaca oleh mereka sendiri sehingga promosi yang Anda kirimkan akan berpengaruh langsung kepada pengguna device tersebut. Karena bersifat personal, SMS Marketing juga bisa ditujukan untuk menjaga loyalitas customer dengan cara tetap terhubung secara mudah.
Anda pun bisa dengan mudah terhubung dengan customer menggunakan layanan Telkomsel MyAds. Berikut Langkah beriklan dengan Telkomsel MyAds:
- Registrasi akun: Daftarkan usaha Anda untuk beriklan di Telkomsel MyAds.
- Login dan coba 5 sms gratis: Login dengan username dan password. Lalu, Anda bisa coba langsung 5 SMS Gratis sesuai konten dari Anda.
- Aktifkan akun Anda: Lengkapi dokumen KTP untuk akun. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Buat iklan dan lakukan pembayaran: Pilih tipe iklan (LBA/Targeted/broadcast), media iklan (SMS/MMS/Pesan Pop Up), Pilih profil target Anda dan tentukan jadwal kirim. Lakukan pembayaran Top up Saldo minimal Rp50.000. Tunggu persetujuan dari tim MyAds.
- Iklan berjalan & pantau hasilnya: Iklan akan berjalan sesuai jadwal dan Anda dapat memantau hasilnya.
Layanan Telkomsel MyAds dapat membantu Anda para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang secara khusus berada di ekosistem Telkomsel. Bagi Anda yang penasaran dengan layanan ini, berikut adalah informasi seputar jenis fitur dan Telkomsel MyAds.
- Targeted Ads
Pengiriman iklan ke pelanggan yang sesuai dengan target pasar dalam bentuk teks maupun gambar. Biaya: Rp 180 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Interactive SMS
Iklan melalui SMS yang dapat direspons oleh pelanggan dengan mengirim pesan berformat tertentu. Biaya: Rp 175.
- Interactive USSD
Iklan melalui pop-up USSD yang memungkinkan untuk mengambil jajak pendapat atau data melalui formulir. Biaya: Rp 200.
- Location Based Ads
Pengiriman iklan ke lokasi yang sesuai target pasar. Biaya: Rp 200 (SMS), Rp 330 (MMS), Rp 175 (USSD).
- Broadcast
Pengiriman pesan iklan secara massal. Biaya: Rp 100 (SMS), Rp 250 (MMS), Rp 100 (USSD).
Untuk informasi lebih lengkap tentang bagaimana membuat SMS Marketing yang efektif, Anda bisa membaca artikel terkait berjudul Bagaimana Membuat SMS Marketing yang Efektif.
Anda juga bisa hubungi kami dan mendapatkan informasi lengkap seputar layanan Telkomsel MyAds yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa beriklan secara mandiri, dengan mengunjungi website Telkomsel MyAds dan mengikuti panduan tutorial.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

Understanding Harbolnas from Telco Perspective

Understanding Harbolnas from Telco Perspective