image-header
Insight ID 15 June 2022

Macam-Macam Media Iklan Untuk Promosi

Kegiatan promosi dalam sebuah bisnis umum dilakukan untuk berbagai tujuan, mulai dari memperkenalkan produk atau layanan baru, membangun awareness, hingga untuk meningkatkan penjualan. Promosi ini bisa dilakukan melalui berbagai media iklan. Berikut jenis-jenis media iklan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

1. Televisi

Media iklan televisi masih menjadi pilihan terutama saat budget iklan sebuah perusahaan terbilang besar. Beriklan di televisi memang menarik konsumen karena mampu menyajikan demonstrasi produk melalui gambar bergerak dan suara yang akan memikat hati konsumen. 

2. Radio

Memasang iklan di radio juga tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Mobilitas orang yang tinggi terkadang membuat mereka mendengar radio untuk mendapatkan informasi. Melalui media iklan radio, Anda mampu menjangkau wilayah secara luas, dapat didengar di wilayah tanpa listrik, penyampaiannya mudah dan dapat diterima siapa saja. 

3. Digital Signage 

Digital signage adalah salah satu bentuk media iklan yang menyajikan informasi melalui media display elektronik yang dilakukan secara dinamis dan menarik dengan memanfaatkan teknologi LCD, LED dan plasma. Dengan digital signage, Anda bisa mempromosikan produk Anda secara nasional hingga internasional. 

4. Internet

Anda bisa menggunakan media iklan melalui internet untuk pemasaran secara online. Bisa melalui website, email, e-commerce, atau video conference. Selain mudah untuk dilakukan, biaya iklan melalui internet juga bisa disesuaikan dengan budget perusahaan. 

5. Brosur, banner, poster, pamflet

Media iklan cetak seperti brosur, banner, poster dan pamflet masih cukup digemari oleh para pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya. Untuk menarik perhatian konsumen, media iklan cetak bisa memuat informasi terkait produk yang dipromosikan dengan menyertakan gambar pendukung. 

Pemberian warna dan desain pada media iklan cetak yang eye-catching akan semakin menambah daya tarik bagi konsumen. Anda juga bisa memilih banner vertikal yang dipasang pada rangka berbentuk X atau yang lebih dikenal dengan sebutan X-banner. Banner jenis ini bisa diletakkan di depan toko Anda atau bisa juga dipindahkan dengan mudah untuk diletakkan di tempat lain, misalnya ketika Anda mengikuti event untuk mempromosikan bisnis Anda, maka Anda bisa dengan mudah memindahkannya.

macam macam media iklan untuk promosi

6. SMS (Short Message Service)

Salah satu media iklan yang bisa Anda coba adalah melalui SMS. Menurut survey dari Oberlo, lebih dari 6.4 miliar orang di dunia memiliki telepon seluler dan hampir semua pemilik telepon seluler tersebut dapat berkomunikasi melalui SMS. 

SMS yang Anda kirim dapat diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit. SMS juga bisa diakses dari perangkat manapun, baik ponsel biasa maupun smartphone. 

Telkomsel MyAds, cara beriklan yang tepat

 

Jika Anda tertarik mempromosikan produk Anda dengan layanan SMS, Anda bisa menggunakan layanan MyAds. Dengan MyAds, Anda bisa mengirim dan mengatur iklan promosi hingga memantau performance iklan Anda untuk menjangkau target audiens berdasarkan lokasi, gender, dan usia secara spesifik dan tertarget ke lebih dari 160 juta pelanggan Telkomsel. 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk