Kembangkan Bisnis Baru Anda dengan Beriklan di Telkomsel MyAds

Dalam mengembangkan bisnis, kesuksesan penjualan produk tentu menjadi tujuan utama yang ingin dicapai oleh setiap pelaku usaha. Akan tetapi, penjualan tidak mungkin bisa dicapai tanpa strategi pemasaran yang tepat.
Salah satunya adalah melalui iklan yang tertarget dan terukur dengan jelas. Masalah inilah yang berusaha dijawab oleh Telkomsel MyAds.
Pentingnya Iklan Bagi Sebuah Bisnis
Penjualan adalah inti dari bisnis. Tanpa penjualan, bisnis tidak mungkin bisa berjalan, apalagi berkembang menjadi besar. Untuk bisa menjual, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Pemasaran inilah yang akan menarik perhatian pasar hingga membuat mereka mau membeli produk yang ditawarkan.
Ada beberapa cara untuk memasarkan sebuah produk. Ada cara gratis, ada juga cara berbayar. Namun untuk menjangkau lebih banyak orang, iklan berbayar masih menjadi pilihan terbaik. Jangkauan iklan yang lebih luas juga membantu brand agar lebih cepat dikenal publik.
Peran iklan bagi sebuah bisnis tidak hanya berhenti di situ. Iklan juga membantu membuat produk agar terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan produk-produk sejenis. Ingat, kompetitor selalu ada. Jika produk atau brand Anda tidak cukup menonjol dibandingkan kompetitor, rasanya sulit untuk bisa menuai keuntungan dalam bisnis.

Bagaimana Cara Beriklan yang Tepat untuk Bisnis Baru
Bisnis tidak seharusnya dijalankan dengan hanya bergantung pada keberuntungan. Strategi dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Iklan juga demikian. Meski memiliki jangkauan yang luas, manfaat iklan tidak mungkin bisa didapatkan tanpa strategi yang tepat.
Bagi bisnis baru, beriklan terkadang bisa menjadi hal yang cukup rumit. Selain karena anggaran iklan yang masih tipis, cukup banyak bisnis baru yang belum tahu bagaimana cara beriklan dengan tepat. Agar tidak hanya sekadar “membakar uang”, berikut cara beriklan yang bisa mulai Anda terapkan.
1. Tentukan Target Audience
Iklan sering kali dianggap sukses jika berhasil menjangkau banyak orang. Semakin banyak orang yang dijangkau, semakin besar pula kesempatan untuk menjual produk yang Anda tawarkan.
Pertanyaannya, bagaimana jika apa yang diharapkan tidak terjadi? Banyak bisnis baru yang terlalu fokus pada seberapa banyak audience yang berhasil dijangkau. Padahal, luasnya jangkauan tidak selalu berbanding lurus dengan angka penjualan. Teori seperti ini hanya berlaku jika Anda berhasil menjangkau pasar yang tepat.
Untuk itulah, penting untuk menentukan target audience yang sesuai dengan produk Anda. Saat menentukan target audience, kenali kembali produk yang ingin ditawarkan. Pahami siapa saja yang membutuhkan atau menginginkan produk tersebut. Setelah itu, pahami karakter dari pasar yang ingin Anda incar.
2. Buat Iklan yang Sesuai dengan Target Audience Anda
Sama halnya dengan saat Anda membuat produk, iklan yang Anda buat pada dasarnya juga diperuntukkan untuk orang lain. Dalam hal ini, Anda membuat iklan untuk audiens Anda. Karena itulah, Anda tidak bisa menggunakan perspektif pelaku usaha saat membuatnya.
Iklan yang bagus adalah iklan yang dibuat dengan perspektif audiens. Untuk itu, Anda harus tahu apa yang membuat audiens tertarik dan mengkonversinya menjadi strategi iklan yang punya potensi besar untuk menarik target audience yang telah ditentukan sebelumnya.
Untuk membuat iklan yang sesuai dengan perspektif audiens, Anda harus cukup mengenal siapa target audience Anda. Pahami selera mereka dan ketahui di mana mereka biasa menghabiskan sebagian besar waktunya. Informasi seperti ini akan sangat membantu dalam membuat iklan yang efektif dan menentukan media apa yang sebaiknya digunakan nanti.
3. Tayangkan Iklan di Waktu yang Tepat
Anda mungkin sudah memiliki target audience yang tepat dan memiliki iklan yang efektif untuk menarik mereka. Tapi jika tidak ada yang melihat iklan tersebut, semua usaha yang telah dilakukan tentu jadi sia-sia, sehingga waktu tayang iklan juga harus diperhatikan.
Saat menentukan waktu tayang iklan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertimbangkan media yang akan digunakan, sebab setiap media iklan memiliki karakter yang berbeda dengan waktu tayang efektif yang berbeda pula.
Karakter target audience juga harus menjadi perhatian. Dalam hal ini, Anda harus tahu kapan target audience Anda akan mengakses media promosi yang dipilih. Minimal, jangan tayangkan iklan saat target audience Anda sedang tidak aktif mengakses media iklan yang Anda gunakan.
Anda juga bisa memanfaatkan momen-momen besar, seperti hari besar atau event-event tertentu untuk menayangkan iklan. Iklan yang ditayangkan di waktu-waktu seperti ini biasanya mendapatkan eksposur yang cukup besar dan cukup tepat sasaran.
4. Pantau dan Evaluasi Iklan
Setelah dipublikasikan, jangan lupa untuk memantau iklan. Perhatikan bagaimana performanya. Apakah eksposurnya cukup baik? Seberapa besar pengaruh iklan tersebut pada branding atau penjualan?
Hal-hal seperti ini harus dipantau secara berkala. Evaluasi juga performa iklan yang telah dibuat. Jika belum berhasil mencapai target yang diinginkan, cari tahu di mana letak permasalahannya.
Saat beriklan, jangan terlalu kaku pada hal-hal yang bersifat teknis. Penyesuaian terkadang dibutuhkan. Anda juga harus terbuka dengan reaksi dan respons yang mungkin di luar perkiraan. Jika diperlukan, Anda juga harus melakukan penyesuaian dengan cepat.
5. Pilih Penyedia Iklan yang Tepat
Ada banyak media iklan yang bisa digunakan. Untuk membantu memudahkan pekerjaan, Anda juga bisa meminta bantuan penyedia iklan. Mereka akan membantu memasarkan produk Anda melalui jaringan atau media yang mereka miliki. Cara ini juga lebih efektif dibandingkan memasarkan sendiri lho!
Saat memilih penyedia iklan, pastikan untuk mempertimbangkan kredibilitasnya. Pertimbangkan juga jangkauan mereka. Minimal, value yang Anda peroleh harus sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Telkomsel MyAds, Solusi Iklan Bisnis
Peran media iklan dalam memasarkan sebuah produk sangatlah besar. Untuk itu, Anda perlu mengetahui media apa yang paling efektif menjangkau target audience. Dari beberapa media iklan yang ada, media seperti SMS, MMS dan iklan pop up (USSD) bisa menjadi opsi yang mampu menjawab kebutuhan promosi. Namun agar iklan lebih efektif, dibutuhkan database nomor telepon yang sangat besar.
Telkomsel MyAds adalah solusi iklan yang dirancang untuk meningkatkan eksposur secara signifikan dan akan memberikan kemudahan dalam memasarkan produk maupun layanan. MyAds memfasilitasi pengguna untuk menyebarkan iklan dalam bentuk SMS, MMS dan pop up (USSD) dengan lebih dari 160 juta pengguna Telkomsel di Indonesia, iklan Anda akan memiliki jangkauan yang luas dan jadi lebih mudah dilihat oleh banyak orang.

Fitur-Fitur Telkomsel MyAds
Telkomsel MyAds menyediakan solusi iklan yang dapat disesuaikan dengan strategi promosi yang Anda miliki. Sedikitnya ada 5 fitur Telkomsel MyAds yang tersedia. Kelima fitur tersebut meliputi location-based advertising (LBA), broadcast, targeted, SMS interaktif dan USSD interaktif. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.
1. Location Based Advertising
Iklan berbasis lokasi sangat cocok untuk melakukan promosi ke lokasi-lokasi tertentu. Dengan location-based advertising, Anda bisa mengirimkan pesan iklan ke lokasi yang diinginkan secara tepat dan akurat.
2. Broadcast
Iklan broadcast dirancang untuk mengirimkan pesan iklan secara massal. Anda bisa mengirim iklan teks atau gambar ke semua pelanggan untuk menawarkan promo-promo tertentu. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus mengirimkan pesan satu per satu lho!
3. Targeted
Iklan targeted memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan iklan sesuai dengan target audience yang ingin dijangkau. Selain iklan teks, Anda juga dapat mengirimkan pesan bergambar pada iklan targeted.
4. SMS Interaktif
Iklan SMS interaktif didesain bukan hanya untuk sekadar mengirimkan pesan teks kepada pelanggan secara satu arah saja. Namun, Anda juga bisa berinteraksi dengan pelanggan dan mendapatkan feedback yang sangat berharga bagi bisnis lewat SMS interaktif.
5. USSD Interaktif
Iklan ini dirancang untuk memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan survei, baik dengan form ataupun polling. Dengan mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki ataupun mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi.
Keuntungan Telkomsel MyAds
Beriklan di Telkomsel MyAds menjanjikan banyak keuntungan. Banyak pelaku usaha yang telah merasakan kenaikan penjualan yang cukup signifikan. Anda bisa menentukan target audience yang spesifik, dapat banyak kemudahan dalam beriklan, serta bisa menjangkau target audience yang luas.
Apakah untuk audience di wilayah tertentu atau untuk pelanggan, semua itu bisa Anda lakukan dengan mudah lewat MyAds. Dengan target yang lebih spesifik, iklan akan berjalan lebih efektif. Anda juga dapat mengukur performa iklan yang dibuat. Selain itu, biaya Telkomsel MyAds bisa Anda sesuaikan sendiri berdasarkan kebutuhan dengan anggaran iklan yang sudah dialokasikan.
Segala keuntungan beriklan dengan Telkomsel MyAds bisa Anda dapatkan dengan mudah. Cukup dengan 5 langkah, Anda sudah bisa beriklan dengan Telkomsel MyAds. Berikut langkah-langkahnya.
1. Registrasi Akun
Sebelum beriklan dengan Telkomsel MyAds, daftarkan usaha Anda terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan usaha Anda di situs resmi Telkomsel MyAds. Setelah sukses mendaftar, Anda akan mendapatkan akun untuk mulai beriklan.
2. Login ke Akun yang Telah Dibuat
Setelah selesai mendaftar, login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya. Masukkan username dan password. Setelah login, Anda berkesempatan untuk mendapatkan 5 SMS gratis.
3. Aktifkan Akun
Setelah Anda berhasil registrasi, jangan lupa untuk melengkapi dokumen seperti KTP untuk mengaktifkan akun.
4. Mulai Membuat Iklan
Ada beberapa tipe iklan dan media iklan yang dapat dipilih. Untuk tipe iklan, Anda bisa memilih targeted, broadcast atau location-based advertising. Sedangkan untuk media iklan, ada 3 pilihan yang tersedia, yakni SMS, MMS dan pesan pop up.
Pilih profil target Anda dan tentukan jadwal pengiriman pesan iklan. Top up saldo minimal Rp 250.000 melalui transfer bank, LinkAja, pulsa atau kartu kredit. Setelah itu, tunggu persetujuan dari tim Telkomsel MyAds. Biasanya, proses pengajuan iklan membutuhkan waktu sekitar 1x24 jam.
5. Iklan Mulai Berjalan
Setelah mendapatkan persetujuan, iklan akan mulai berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Di sini, Anda bisa mulai memantau performa iklan dan melihat hasilnya.
Efektivitas iklan teks sangat dipengaruhi oleh pilihan kata dan penerapan teknik persuasi. Kemampuan dalam membuat iklan yang persuasif akan sangat membantu dalam mempromosikan bisnis Anda. Dipadu dengan jangkauan iklan Telkomsel MyAds yang sangat luas, efektivitas iklan akan meningkat pesat.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

Digital Advertising Influences Female Consumer’s Online Buyi...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

#LevelUp Business Strategy during Ramadan with Telkomsel Dig...

Understanding Harbolnas from Telco Perspective

Understanding Harbolnas from Telco Perspective