Cara Efektif Memilih Media Iklan untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Dalam mengembangkan suatu bisnis, media iklan memiliki peranan yang sangat penting. Bukan hanya menjadi bagian penting dalam strategi marketing, tapi juga menjadi indikator dalam menentukan kegiatan kampanye. Media tersebut akan membantu bisnis Anda dalam penyebaran informasi secara masif serta dapat menjangkau target pasar yang tepat.
Hanya saja Anda perlu memilih media iklan yang tepat mengingat biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan alat promosi tersebut tidaklah sedikit. Selain itu, tidak semua media promosi online atau offline dapat meningkatkan bisnis secara efektif. Itulah sebabnya Anda perlu memilih media yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Jenis Media Iklan untuk Promosi Bisnis
Berikut ini ada delapan jenis media promosi online dan offline yang umumnya digunakan oleh pelaku bisnis:
1. Mobile Advertising
Tingginya angka pengguna gawai menjadi awal terbentuknya tren pemasaran bisnis secara online. Mobile advertising merupakan salah satu tren media iklan online yang populer dalam perkembangan dunia digital.
Jenis iklan ini dianggap mampu meningkatkan penjualan sekaligus brand awareness melalui perangkat mobile. Bila menggunakan mobile advertising, Anda dapat menyesuaikan pembuatan iklan berdasarkan perangkat yang digunakan dan riwayat pengguna.
2. Email Marketing
Kini email tidak hanya digunakan sebagai media berkirim pesan saja tapi juga media iklan untuk target pasar. Melalui email, Anda dapat mempromosikan bisnis secara personal. Bahkan, menurut McKinsey and Company, jenis media promosi online ini dianggap 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial.
3. Search Engine Marketing
Mesin pencarian atau search engine menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak pengguna Internet mengandalkan mesin pencarian untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, termasuk informasi tentang produk, layanan, bahkan perusahaan.
Fakta ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi bisnis melalui mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci atau keyword yang umumnya dicari oleh target pasar. Iklan yang Anda buat nantinya akan ditampilkan di hasil pencarian, baik berupa iklan video, iklan gambar, dan iklan dalam aplikasi seluler.
4. Video Advertising
Jenis media iklan ini tidak kalah populer dengan media promosi online lainnya. Sesuai namanya, video advertising merupakan media promosi dalam bentuk video. Karena disajikan dalam bentuk video, jenis iklan ini lebih banyak menarik minat termasuk 85% generasi milenial yang melakukan transaksi setelah menonton iklan video.
Itu sebabnya, Anda bisa menggunakan video advertising untuk memperkenalkan produk atau layanan yang Anda tawarkan sehingga target pasar akan tertarik untuk melakukan pembelian. Selain memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan, Anda pun bisa menggunakan iklan video untuk membuat ulasan tentang bisnis Anda.
5. TV Advertising
Bukan hanya media promosi online yang masih menarik minat, media iklan offline seperti iklan televisi pun masih efektif. Iklan TV dapat menjangkau masyarakat di seluruh negara serta dapat meningkatkan kepercayaan mereka pada brand Anda.
Hanya saja Anda memerlukan budget yang lebih untuk beriklan lewat televisi. Pasalnya, biaya iklan yang dibutuhkan dihitung per detik dengan jumlah yang cukup tinggi. Maka dari itu, iklan televisi biasanya digunakan oleh brand yang memiliki budget iklan besar.
6. Media Cetak
Surat kabar atau koran, flyer, banner, poster, brosur, dan pamflet merupakan contoh iklan media cetak yang masih digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis. Meskipun termasuk media iklan jadul, media cetak tetap efektif untuk digunakan.
Selain itu, Anda pun bisa berkreasi dengan desain iklan media cetak sehingga penampilannya lebih menarik dan memancing masyarakat untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang brand Anda.
7. Radio
Radio merupakan salah satu media iklan yang sudah sejak lama digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan, khususnya untuk menjangkau target pasar yang bersifat lokal, di mana Anda dapat menyesuaikan strategi promosi berdasarkan target pasar lokal.
Itulah jenis-jenis media iklan yang bisa Anda pilih untuk membantu meningkatkan bisnis. Baik media promosi online maupun offline dapat memberikan dampak yang signifikan pada bisnis asalkan Anda menjatuhkan pilihan pada media yang tepat. Lantas bagaimana sih cara memilih media yang tepat untuk mengiklankan produk atau layanan Anda?

Cara Memilih Media Iklan yang Tepat untuk Bisnis Anda
Meski jenis media iklan di atas terbukti efektif, bukan berarti Anda perlu menggunakan semuanya. Apalagi bila memiliki budget iklan yang terbatas, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal agar kampanye iklan yang dijalankan dapat memberikan keuntungan optimal. Untuk memastikan media yang Anda pilih tepat sasaran, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Di antaranya:
-
Tentukan Segmen Pasar
Mengetahui segmen pasar merupakan salah satu pondasi untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif, termasuk dalam memilih media iklan. Sebuah iklan tidak akan memberikan keuntungan maksimal ketika dijalankan tanpa mengetahui segmen pasar terlebih dahulu. Oleh karena itu sangat penting dalam menentukan segmen pasar.
Contohnya, jika Anda ingin memasarkan produk secara lokal, pilihlah media iklan yang dapat membantu memasarkan secara lokal, seperti radio atau TV dengan channel lokal atau untuk digital marketing bisa menggunakan local SEM/SEO.
Sebaliknya, jika Anda menyasar pasar nasional, maka gunakan media promosi bisnis bertaraf nasional. Anda tetap bisa menggunakan platform yang sama dengan yang lokal, hanya saja pilih channel yang berskala nasional atau untuk digital marketing bisa menggunakan SEM/SEO dengan demografi yang lebih luas.
-
Pertimbangkan Budget
Tak kalah pentingnya dari segmen pasar, budget atau ketersediaan dana juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih media iklan. Budget yang Anda miliki dapat menentukan media promosi online atau offline mana yang sebaiknya dipilih. Tentunya iklan televisi tidak diperuntukan bagi bisnis dengan budget iklan terbatas.
Namun, berapapun budget yang dimiliki, Anda tetap bisa mengiklankan produk atau layanan yang diinginkan. Media iklan online dan offline biasanya menyediakan layanan iklan yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan disesuaikan dengan kebutuhan kampanye iklan. Budget yang dikeluarkan pun dapat membantu Anda dalam menilai efektivitasnya.
Jadi, meskipun budget yang Anda keluarkan tinggi, belum tentu iklan tersebut akan memberikan hasil yang optimal. Iklan Anda akan efektif jika telah menyasar segmen yang tepat dengan budget yang tersedia. Maka dari itu, ketersediaan budget serta segmentasi pasar perlu dipertimbangkan.
-
Media Promosi Online atau Offline
Media iklan tidak hanya tersedia offline saja tapi juga dalam bentuk online. Di era digital seperti sekarang ini, promosi bisnis melalui media online sangat digandrungi. Selain pemasangannya yang mudah, budgetnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Meskipun memiliki budget terbatas, Anda bisa tetap beriklan di media online. Media offline pun masih tetap dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi, hanya saja budget yang Anda perlukan untuk menjalankan kampanye iklan ini lebih besar.
Sebelum memutuskan media mana yang Anda pilih, tentukan dahulu di mana segmen pasar Anda bisa dijangkau secara efektif. Tidak masalah jika Anda ingin memilih media online, offline, atau keduanya untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah dirancang selama hasil yang diharapkan bisa dicapai.
-
Rancang Materi Iklan
Isi iklan yang ingin Anda sampaikan dapat menentukan media iklan yang tepat. Tentu saja iklan tersebut bukan hanya berisi produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan, tapi juga bagaimana cara Anda menyajikan dan menyampaikan pesan tersebut pada target pasar.
Bila bentuk iklan berupa animasi, Anda bisa memilih media video iklan, iklan digital, televisi, atau billboard digital. Jika bentuk iklannya berupa teks dan gambar tidak bergerak, media yang Anda pilih bisa berupa pamflet, brosur, search engine marketing, mobile ads, dll.
-
Gunakan Jasa Periklanan
Sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa periklanan untuk membantu bisnis dalam melancarkan kampanye iklan mereka. Dari mulai budget hingga rancangan iklan, jasa periklanan bisa membantu Anda dalam menyusun iklan yang tepat. Tetapi Anda perlu memilih jasa periklanan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal dan efektif.

Jasa iklan terpercaya seperti Telkomsel DigiAds dapat menjadi solusi dalam membuat media iklan digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, yaitu ke lebih dari 160 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia. Telkomsel DigiAds menyediakan dua platform yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan bisnis Anda, yaitu Telkomsel MyAds dan TADEX.
Telkomsel MyAds akan membantu Anda dalam mengoptimalkan kampanye iklan pada pelanggan berdasarkan data dan aktivitas pelanggan Telkomsel, dari mulai usia, lokasi, jenis kelamin, jenis gawai, usia, dan Average Revenue Per User (ARPU).
Bentuk iklan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tersedia iklan dalam bentuk SMS, MMS, pesan pop up, dan display ads pada target pasar pengguna Telkomsel di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan platform My Ads Telkomsel sebagai media iklan, Anda akan mendapatkan layanan yang:
- Eksklusif; iklan dibuat eksklusif untuk para pelanggan Telkomsel berdasarkan demografi dan perilaku mereka.
- Spesifik; jangkauan target pasar disesuaikan dengan profil pelanggan bisnis, bahkan dapat menyasar target pasar dalam radius tertentu untuk mendapatkan hasil lebih efektif.
- Terukur; performa iklan dapat dipantau secara real time untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Selain Telkomsel MyAds, tersedia juga platform TADEX atau Tanah Air Digital Exchange. Melalui TADEX, Anda dapat terhubung dengan premium publisher programmatic ads di Indonesia. TADEX pun dapat memberikan Anda ruang untuk menjangkau target pasar yang lebih luas secara efektif dan efisien melalui programmatic ads.
Didukung oleh Data Management Platform (DMP) yang menjadi pusat data programmatic advertising, Anda akan dibantu untuk mendapatkan profil target pelanggan secara mobile, offline, dan online. Nantinya data tersebut dapat diolah menjadi data segmentasi untuk target iklan Anda.
Melalui layanan Telkomsel DigiAds seperti Telkomsel MyAds dan TADEX, Anda dapat merancang iklan digital secara efektif dan efisien. Bisnis Anda pun akan semakin meningkat dengan bantuan media iklan yang tepat dari Telkomsel DigiAds.
Memilih media iklan yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhan strategi marketing Anda. Pastinya Anda pun perlu mempertimbangkan budget serta segmentasi pasar yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal. Jasa periklanan seperti Telkomsel DigiAds pun dapat menawarkan solusi terkait kebutuhan iklan untuk meningkatkan performa bisnis Anda dengan efektif dan efisien.
Related Solutions

Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk
Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukRelated Solutions
Messaging
Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.
Lihat Solusi Produk

Display
Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing
Lihat Solusi ProdukInsight ID Lainnya

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Manfaat Strategi Pemasaran Omnichannel Bagi Pelanggan dan Ba...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Strategi Pemasaran Omnichannel Meningkatkan Pengalaman Pelan...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...

Omnichannel vs Multichannel, Strategi Pemasaran Mana yang Le...